Metode Montesori, Frobel dan Taman Anak
BUKAN PERISTIWA BUKAN KEJADIAN OBROLAN RINGAN
BANDUNG,GURU R SANI, 2021
IQ, guru penggera
Permainan Anak Adalah Pendidikan dalam Taman Siswa
1. kelompok Taman Anak,
yang di HIS sama dengan Voorklas, Kelas 1, II dan III.
2. Lagere School (Taman Muda),
yaitu mulai kelas 4 sampai 7 jika menurut aturan HIS.
Kedua kelompok tersebut mempunyai ketua sendiri-sendiri,. Metode pengajaran yang digunakan pada
keduanya juga berbeda. Umpanyanya, pengajar di Taman Anak semunya adalah guru wanita
(sontrang/mentrik). Sebab, rasa batin anak kecil (kecintaan, tasa takut, bangga, manja) masih
tertuju kepada Ibunya sehingga anak-anak tersebut masih sehati dengan pendidik wanita.
Adapun pada HIS kelas yang tinggi, anak-anak kebanyakan
sudah berlagak seperti laki-laki dewasa dan suka bergaul dengan bapaknya.
Oleh karena itu, mereka harus dididik oleh guru laki-laki.
Selain itu, mata pelajaran di Taman Anak tersebut dikonsentrasikan pada
pelajaran Latihan panca indra. Sebab, mendidik anak kecil itu bukan atau
belum memberikan pengetahuan, akan tetapi baru berusaha akan
menyempurnakan rasa pikiran. Segala tenaga dan tingkah laku lahir yang
mereka miliki sebenarnya besar pengaruhnya bagi kehidupan batin mereka
dan demikian pula sebaliknya.
Jalan perantaraan Pendidikan lahir ke dalam
batinnya tesebut adlaah melalui paca indra. Maka dari tiu, Latihan paca
indra adalah pekerjaan lahir untuk mendidik batin (pikiran, rasa, kemauan,
nafsu dan lain-lain) Di Eropa, metode pengajaran seperti itu juga diakui.
Orang yang pertama mendidik anak dengan cara demikian ialah sang pujangga pendidik, Dr. Ki Hadjar Dewantara
. Selain itu, juga ada sang pujangg wanita, yakni Dr. Maria Montessori di
kota Roma (Italia). Metode Frobel dan Montessori in mempunyai perbedaan
yang cukup besar, tetapi ini yang dimiliki sebenarnya sama, yaitu mencari
jalan lahir untuk mendidik batin.
Mari kita Kembali ke pembahasan tentang ‘Taman Anak’ di Yogyakarta.
Dalam proses pembelajarannya, ternyata tidak hanya mengkonsentrasikan
pada pelajaran (latihan) panca indra saja, tetapi permainan anak juga
dimasukkan pada pembelajaran di sekolah sebagai kultur.
Kita tidak dapat membandingkan metode Frobel, Montessori dan Taman Siswa tentang
pengaruh tenaga lahir pada batin seperti berikut:
a. Montessori mementingkan pelajaran panca indra, hingga ujung jari pun
dihidupkan rasanya, menghadirkan beberapa alat untuk latihan panca
indra dan semua itu bersifat pelajaran. Anak diberi kemerdekaan
dengan luas, tetapi permainan tidak dipentingkan.
b. Frobel juga mendjaikan panca indra sebagai konsentrasi
pembelajarannya, tetapi yang diutamakan adlah permainan anakanak, kegembiraan anak, sehingga
pelajaran panca indra juga
diwujudkan mengjadi barang-barang yang menyenangkan anak.
Namun, dalam proses pembelajarannya anak masih diperintah.
c. Taman Siswa bisa dikatakan memakai kedua metode tersebut, akan
tetapi pelajaran paca indra dan permainan akan itu tidak dipisah, yaitu
dianggap satu. Sebab, dalam Taman Siswa terdapat kepercayaan
bahwa dalam segala tingkah laku dan segala kehidupan anak-anak
tersebut sudah diisi Sang Maha Among (Pemelihara) dengan segala
alat-alat yang bersifat mendidik si anak.
Beberapa contoh dapat disebutkan, misalnya permainan anak Jawa
seperti: sumbar, gateng, dan unclang ang mendidik anak agar saksama (titi
paritis), cekatan, menjernihkan penglihatan dan lain-lain. Kemudian juga
permainan seperti: dakon, cublak-cubak suweng dan kubuk yang mendidik
anak tentang pengertian perhitungan dan perkiraan (taksiran). selain itu,
permainan gobag, trembung, raton, cu, geritan, obrog, panahan si, jamuran,
jelungan, dan lain-lain.nya yang bersifat olahraga yang tentunya akan
mendidik anak dalam hal: kekuatan dan kesehatan badan, kecekatan dan
keberanian, ketajaman dalam penglihatan dan lain-lain ada juga
permaianan seperti: mengutas bunga (ngronce), menyulam daun pisang
atau janur, atau membuat tikar, dan pekerjaan anak lainna yang dapat
menjadikan mereka memiliki sikanp tertib dan teratur.
Melihat kondisi anak kita sendiri seperti yang dtelah dijelaskan diatas,
sudah barang tentu bahwa kita bangsa Indonesia juga memiliki sejenis
metode Montessori dan metode Froble yaitu Metode Kodrat Iradat (Natur dan
Evolusi). Bisa juga dinamakan metode Kaki Among Nini Among, yaitu metode
Among Siswa.
Dengan demikian, sangat jelas bahwa kita tidak perlu mengadakan
barang tiruan jika memang kitas dudah mempunyai barang tersebtu sendiri.
Sebagab, barang tiruan tidak akan dapat menyamai barang yang munri
seperti kepunyaan sendiri. Kain cap meskipun indah rupanya, tetapi
derajatnya dibawah kain batik. Yang boleh kita pakai sebagai alat
penghidupan yaitu barang-barang yang tidak kita miliki. Namun,
waspadalah, carilah barang-barang yang bermanfaat untuk kita, yang
dapat menambah kekayaan kita dalam hal kultur lahir atau batin. Jangan
hanya meniru. Hendaknya barang baru tersebut dilaraskan lebih dahulu.
Maksdunya, disesuaikan dengan rasa kita dan keadaan hidup kita. Inilah yang
dinamakan “menasionalisasikan”.
Penjelasan singkat tentang permainan anak sebagai alat pendidikan dan
juga tentang asas-asasnya ‘Taman Anak’ dala Taman Siswa yang disesuaikan
dengan metode Montessori dan Frobel tersebut bertujuan agar kaum
pendidik dan ibu-ibu dapat mengadakan metode sendiri yang selaras
dengan kehidupan bangsa kita.
Dasar Dasar Pendidikan
1. Arti dan Masksud Pendidikan
Kata ‘Pendidikan’ dan ‘Pengajaran’ itu seringkali dipakai Bersamasama. Sebenarnya gabungan kedua kata itu dapat mengeruhkan
pengertiannya yang asli. Ketahuilah, pembaca yang terhormat, bahwa
sebernarnya yang dinamakan ‘pengajaran’ (onderwijs) itu merupakan
salah satu bagian dari Pendidikan. Maksudnya, pengajaran itu tidak lain
adalah Pendidikan dengan cara memberi ilmu atau berfaedah buat
hidup anak-anak, baik lahir maupun batin.
Sekarang saya akan menerangkan arti dan maksud Pendidikan
(opvoeding) pada umumnya. Dengan sengaja saya memakai
keterangan ‘pada umumnya’, karena dalam arti khususnya, Pendidikan
mempunyai beragam jenis pengertian. Bisa dikatakan bahwa tiap-tiap
aliran hidup, baik aliran agama maupun aliran kemasyarakatan
mempunyai maksud yang berbeda. Tidak hanya maksud dan tujuannya
yang berbeda-beda, cara mendidiknya juga tidak sama. Mengenai
keadaan yang penting ini, saya kan menerangkan secara lebih luas.
Walaupun bermacam-macam maksud, tujuan, cara, bentuk, syaratsyarat dan alat-alat dalam soal
Pendidikan, Pendidikan yang berhubungan dengan aliran-aliran hidup yang beragam itu memiliki
dasar-dasar atau garis-garis yang sama.
Menurut pengertian umum, berdasarkan apa yang dapat kita saksikan
dalam beragam jenis Pendidikan itu, Pendidikan diartikan sebagai
‘tuntunan dalam hidup tumbuhnya anak-anak’. Maksud Pendidikan yaitu:
menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat
mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik
sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
2. Hanya Tuntunan dalam Hidup
Pertama kali harus diingat, bahwa Pendidikan itu hanya suatu
‘tuntunan’ di dalam hidup tumbuhnya anak-anak kita. Artinya, bahwa
hidup tumbuhnya anak itu terletak di luar kecakapan atau kehendak kita
kaum pendidik. Anak-anak itu sebagai makhluk, manusia, dan benda
hidup, sehingga mereka hidup dan tumbuh menurut kodratnya sendiri.
Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa ‘kekuatan kodrat yang ada pada
anak-anak itu’ tiada lain ialah segala kekuatan yang ada dalam hidup
batin dan hidup lahir dari anak-anak itu karena kekuasaan kodrat. Kita
kaum pendidik hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatankekuatan itu, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup
dan tumbuhnya itu.
Uraian tersebut akan lebih jelas jika kita ambil contoh
perbandingannya dengan hidup tumbuh-tumbuhan seorang petani
(dalam hakikatnya sama kewajibannya dengan seorang pendidik) yang
menanam padi misalnya, hanya dapat menuntun tumbuhnya padi, ia
dapat memperbaiki kondisi tanah, memelihara tanaman padi, memberi
pupuk dan air, membasmi ulat-ulat atau jamur-jamur yang mengganggu
hidup tanaman padi dan lain sebagainya. Meskipun pertumbuhan
tanaman pada dapat diperbaiki, tetapi ia tidak dapat mengganti kodratiradatnya padi. Misalnya ia tak akan dapat menjadikan padi yang
ditanamnya itu tumbuh sebagai jagung. Selain itu, ia juga tidak dapat
memelihara tanaman padi tersebut seperti hanya cara memelihara
tanaman kedelai atau tanaman lainnya. Memang benar, ia dapat
memperbaiki keadaan padi yang ditanam, bahkan ia dapat juga
menghasilkan tanaman padi itu lebih besar daripada tanaman yang tidak
dipelihara, tetapi mengganti kodrat padi itu tetap mustahil. Demikianlah
Pendidikan itu, walaupun hanya dapat ‘menuntun’, akan tetapi
faedahnya bagi hidup tumbuhnya anak-anak sangatlah besar.
3. Perlukah Tuntunan Pendidikan itu?
Meskpun Pendidikan itu hanya ‘tuntunan’ saja di dalam hidup
tumbuhnya anak-anak, tetapi perlu juga Pendidikan itu berhubungan
dengan kodrat keadaan dan keadaannya setiap anak. Andaikata anak
tidak baik dasarnya, tentu anak tersebut perlu mendapatkan tuntunan
agar semakin baik budi pekertinya. Anak yang dasar jiwanya tidak baik
dan juga tidak mendapat tuntunan Pendidikan, tentu akan mudah
menjadi orang jahat. Anak yang sudah baik dasarnya juga masih
memerlukan tuntunan. Tidak saja dengan tuntunan itu ia akan
mendapatkan kecerdasan yang lebih tinggi dan luas, akan tetapi dengan
adanya tuntunan itu ia dapat terlepas dari segala macam pengaruh
jahat. Tidak sedikit anak-anak yang baik dasarnya, tetapi karena
pengaruh-pengaruh keadaan yang buruk, kemudian menjadi orang-
orang jahat.
Pengaruh-pengaruh yang dimaksudkan itu ialah pengaruh yang
muncul dari beragam jenis keadaan anak. Anak yang satu mungkin hidup
dalam keluarga yang serba kekurangan, sehingga ditemui beragam jenis
kesukaran yang menghambat kecerdasan budi anak. Bisa juga dalam
keluarga itu tidak ditemui kemiskinan keduniawian, akan tetapi amat
kekurangan budi luhur atau kesucian, sehingga anak-anak mudah
terkena pengaruh-pengaruh yang jahat.
Menurut ilmu Pendidikan, hubungan antara dasar dan keadaan itu
terdapat adanya ‘konvergensi’. Artinya, keduanya saling mempengaruhi,
hingga garis dasar dan garis keadaan itu selalu tarik-menarik dan akhirnya
menjadi satu.
Mengenai perlu tidaknya tuntunan dalam kehidupan manusia, sama
artinya dengan soal perlu tidaknya pemeliharaan pada tumbuhkembangnya tanaman. Misalnya, kalau sebutir jagung yang baik
dasarnya jatuh pada tanah yang baik, banyak air, dan mendapatkan
sinar matahari yang cukup, maka pemeliharaan dari bapak tani tentu
akan menambah baiknya keadaan tanaman. Kalau tidak ada
pemeliharaan, sedangkan keadaan tanahnya tidak baik, atau tempat
jatuhnya biji jagung itu tidak mendapat sinar matahari atau kekurangan
air, maka biji jagung itu (walaupun dasarnya baik), tidak akan dapat
tumbuh baik karena pengaruh keadaan. Sebaliknya kalau sebutir jagung
tidak baik dasarnya, akan tetapi ditanam dengan pemeliharaan yang
sebaik-baiknya oleh bapak tani, maka biji itu akan dapat tumbuh lebih
baik daripada biji lainnya yang juga tidak baik dasarnya.
4. Dasar Jiwa Anak dan Kekuasaan Pendidikan
Yang dimaksud dengan istilah ‘dasar-jiwa’ yaitu keadaan jiwa yang
asli menurut kodratnya sendiri dan belum dipengaruhi oleh keadaan di
luar diri. Dengan kata lain, keadaan jiwa yang dibawa oleh anak ketika
lahir di dunia. Mengenai dasar jiwa yang dimiliki anak-anak itu, terdapat
tiga aliran yang berhubungan dengan soal daya Pendidikan. Pertama,
yaitu anak yang lahir di dunia itu diumpamakan seperti sehelai kertas yang
belum ditulis, sehingga kaum pendidik boleh mengisi kertas yang kosong
itu menurut kehendaknya. Artinya, si pendidikk berkuasa sepenuhnya
untuk membentuk watak atau budi seperti yang diinginkan. Teori ini
dinamakan teori rasa (lapisan lilin yang masih dapat dicoret-coret oleh si
pendidik). Namun, aliran ini merupakan aliran lama yang sekarang hampir
tidak diakui kebenarannya di kalangan kaum cendikiawan.
Kedua, ialah aliran negative, yang berpendapat, bahwa anak itu lahir
sebagai sehelai kertas yang sudah ditulisi sepenuhnya, sehingga
Pendidikan dari siapapun tidak mungkin dapat mengubah karakter anak.
Pendidikan hanya dapat mengawasi dan mengamati supaya pengaruhpengaruh yang jahat tidak mendekati diri anak. Jadi, aliran negatif
menganggap bahwa pendidikan hanya dapat menolak pengaruhpengaruh dari luar, sedangkan budi pekerti yang tidak nampak ada di
dalam jiwa anak tak akan diwujudkan.
Ketiga, ialah aliran yang terkenal dengan nama convergentie-theorie.
Teori ini mengajarkan, bahwa anak yang dilahirkan itu diumpamakan
sehelai kertas yang sudah ditulisi penuh, tetapi semua tulisan-tulisan itu
suram. Lebih lanjut menurut aliran ini, Pendidikan itu berkewajiban dan
berkuasa menebalkan segala tulisan yang suram dan yang berisi baik,
agar kelak nampak sebagai budi pekerti yang baik. Segala tulisan yang
mengandung arti jahat hendaknya dibiarkan, agar jangan sampai
menjadi tebal, bahkan makin suram.
5. Tabiat yang Dapat dan yang Tidak Dapat Berubah
Menurut convergentie-theorie, watak manusia itu dibagi menjadi
dua bagian. Pertama, dinamakan bagian yang intelligible, yakni bagian
yang berhubungan dengan kecerdasan angan-angan atau pikiran
(intelek) serta dapat berubah menurut pengaruh Pendidikan atau
keadaan. Kedua, dinamakan bagian yang biologis, yakni bagian yang
berhubungan dengan dasar hidup manusia (bios = hidup) dan yang
dikatakan tidak dapat berubah lagi selama hidup.
Yang disebut intelligible yang dapat berubah karena pengaruh
misalnya kelemahan pikiran, kebodohan, kurang baiknya pemandangan,
kurang cepatnya berpikir dan sebagainya. Dengan kata lain, keadaan
pikiran, serta kecakapan untuk menimbang-nimbang dan kuat-lemahnya
kemauan. Bagian yang disebut ‘biologis’ yang tak dapat berubah ialah
bagian-bagian jiwa mengenai ‘perasaan’ yang berjenis-jenis di dalam
jiwa manusia. Misalnya, rasa takut, ras malu, rasa kecewa, rasa iri, rasa
egoisme, rasa sosial, rasa agama, rasa berani, dan sebagainya. Rasa-rasa
itu tetap pada di dalam jiwa manusia, mulai anak masih kecil hingga
menjadi orang dewasa.
Seringkali anak yang penakut, sesuah mendapatkan didikan yang
baik akan segera hilang rasa takut tersebut. Sebenarnya anak itu bukan
berubah menjadi orang yang berwatak pemberani, hanya saja rasa
takutnya itu tidak nampak karena sudah mendapatkan kecerdasan
pikiran. Akibatnya, anak tersebut mulai pandai menimbang dan memikir
sesuatu sehingga dapat memperkuat kemauannya untuk tidak takut. Hal
inilah yang dapat menutup rasa takut yang asli dimiliki anak tersebut.
Karena ketakuannya itu hanya ‘tertutup’ saja oleh pikirannya, maka anak
tersebut terkadang diserang rasa takut dengan tiba-tiba. Keadaan ini
terjadi jika pikirannya sedang tak bergerak. Kalau pikirannya tak bergerak
seberat saja, maka ia seketika akan takut lagi menurt dasar biologisnya
sendiri.
Demikian pula orang yang bertabiat pemalu, belas-kasihan, bengis,
murka, pemarah dan sebagainya, selama ia sempat memikirkan segala
keadaannya, maka ia dapat menahan nafsunya yang asli. Namun, jika
pikirannya tidak sempat bergerak (dalam keadaan yang tiba-tiba
datangnya), tentulah tabiat-tabiatnya yang asli itu akan muncul dengan
sendiri.
6. Perlunya Menguasai Diri dalam Pendidikan Budi Pekerti
Watak bologis dan tidak dapat lenyap dari jiwa manusia sangat
banyak contohnya. Kita juga dapat melihat dalam kehidupan setiap
manusia. Misalnya, orang yang karena pendidikannya, keadaan dan
pengaruh lainnya, seharunya berbudi dermawan. Namun demikian, jika ia
memang mempunyai dasar watak kikir atau pelit, maka ia kan selalu
keliatan kikir, walaupun orang tersebut tahu akan kewajibannya sebagai
dermawan terhadap fakir miskin (ini pengaruh pendidikannnya yang
baik). Semasa ia tidak sempat berpikir, tentulah tabiat kikir orang tersebut
itu akan selalu kelihatan. Setidak-tidaknya kedermawanan orang itu akan
berbeda dengan orang yang memang berdasar watak dermawan.
Janganlah pendidik itu berputus asa kerana menganggap tabiattabiat yang biologis (hidup perasaan) itu tidak dapat dilenyapkan sama
sekali. Memang benar kecerdasan intelligible (hidup angan-angan)
hanya dapat menutupi tabiat-tabiat perasaan yang tidak baik, akan
tetapi harus diingat bahwa dengan menguasai diri (zelfbeheersching)
secara tetap dan kuat, ia akan dapat melenyapkan atau mengalahkan
tabiat-tabiat biologis yang tidak baik itu. Jadi, kalau kecerdasan budi
yang dimiliki orang tersebut sungguh baik, yaitu dapat mengadakan budi
pekerti yang baik dan kokoh sehingga dapat mewujudkan kepribadian
(persoonlikjkheid) dan karakter (jiwa yang berazas huhum kebatinan),
maka ia akan selalu dapat mengalahkan nafsu dan tabiat-tabiatnya
yang asli dan biologis tadi.
Oleh karena itu, menguasai diri (zelfbeheersching) merupakan tujuan
pendidikan dan maksud keadaban. ‘Beschaving is zelfbeheersching’
(adab itu berarti dapat menguasai diri), demikian menurut pengajaran
adat atau etika.
Kita sekarang sampai pada pembahasan ‘budi pekerti’atau ‘watak’
diartikan sebagai bulatnya jiwa manusia. Dalam bahasa asing, disebut
sebagai ‘karakter’, yaitu jiwa yang berazaz hukum kebatinan. Orang yang
mempunyai kecerdasan budi pekerti akan senantiasa memikirkan dan
merasakan serta memakai ukuran, timbangan dan dasar-dasar yang pasti
dan tetap. Watak atau budi pekerti bersifat tetap dan pasti pada setiap
manusia, sehingga kita dapat dengan mudah membedakan orang yang
satu dengan yang lainnya.
Budi pekerti, watak, atau karakter merupakan hasil dari bersatunya
gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga
menimbulkan tenaga. Perlu diketahui bahwa budi berarti pikiranperasaan-kemauan, sedangkan pekerti
artinya ‘tenaga’. Jadi budi pekerti merupakan sifat jiwa manusia, mulai angan-angan hingga
menjelma sebagai tenaga.
Dengan adanya budi pekerti, setiap manusia berdiri sebagai manusia,
dengan dasar-dasar yang jahat dan memang dapat dihilangkan,
maupan dalam arti neutraliseeren (menutup, mengurangi) tabiat-tabiat
jahat yang biologis atau yang tak dapat lenyap sama sekali karena sudah
Bersatu dengan jiwa.
7. Jenis-Jenis Budi Pekerti
Setelah kita mengetahui bahwa budi pekerti seseorang itu dapat
mewujudkan sifat kebatinan seseorang dengan pasti dan tetap, kita juga
harus mengetahui pula bahwa tida ada dua budi pekerti orang yang sama.
Jadi, sama keadaanya dengan roman muka manusia, tida ada dua orang
yang sama. Meskipun, orang dapat membedakan budi pekerti manusia
menjadi beberapa macam atau jenis (typen), sheingga orang dapat
mempunyai ikhtisar tentang garis-garis atau sifat-sifat watak orang secara
umum.
Pembagian budi pekerti menjadi beberapa jenis tesrbut berdasarkan
pada sifat angan-angan, sidat perasaaan, dan sidat kemauan (analystis).
kemudian, tiga sifat itu digabungkan menjadi satu (synthetis); sehingga
mewujudkan suatu macam atau tipe budi pekerti yang pasti. Salah satu
pembagian tipe budi pekerti yang terkenal disampaikan oleh almarhum Prof.
Dr. Heymans, guru besar Universitas Groningen, yang sudah mengadakan
penyelidikan disertai percobaan dan ditetapkan adanya 8 jenis budi pekerti
orang.
Ada pula yang membagi budi pekerti menjadi beberapa jenis
berdasarkan hasrat seseorang. jadi, bukan pembagian analytis, akan tetapi
pembagian secara globa dan etis (etis = menurut rasa adab). Adapun Prof.
Spranger membagi budi pekerti menjadi 6 jenis, yakni bersandar pada Hasrat
orang pada: 1. Kekuasaan (machtsmensch), 2. Agama (religious mench), 3.
Keindahan (kunstmensch), 4. Kegunaan atau faedah (nutsmensch atau
econimisch mensch), 5. Pengetahuan atau kenyataan (wetenschaps) dan 6.
Menolong mendermakan atau mengabdi (sociale mensch).
Selain dua macam pembagian tersebutm terdapat pula teori-teori tenta
g jenis-jenis budi pekerti yang lain. Misalnya, menghubungkan sifat jasmani
seseorang dengan watak orang tersebut (Prof. Kretschner), seperti ilmu firasat
dari Imam Syafi’i. kemudian, terdapat pula pendapat yang mengukur budipekerti orang dengan melihat
cara seseorang memandang dirinya sendiri sebagai pusat pemandangan, atau sebaliknya, sebagai
sebagain saja dari alam yan gbsar ini (Adler, Kunkel). Ada pula yang mengadakan pembagian
introversen dan exroversen (Jung), yaitu orang yang selalu memandang ke
dalam batinya sendiri, atau yang memandag ke arah luat, dan demikianlah
seterusnya.
Dalam soal watak atau budi pekerti manusia, jangan dilupakan bahwa
tiap-tiap manusia mendapat pengaruh dari yang menurunkan
(eferlijkheidsleer). Jadi , sama pula dengan menurunya sifat-sifat jasmani dari
tiap-tiap orang (sifatnya roman muka, rambutnya, warna kulitnya, pendektingginya badan, dan lain-lain). Jangan dilupan juga bawh sperti yang sudah
diuraikan sebelumnya, pendidikan dan segala pengalaman tersebut
berpengaruh besar pada tumbuhnya budi pekerti.
8. Naluri Pendidikan
Setelah ikhtisar arti, maksud, dan tujuan Pendidikan dijelaskan pada
uraian sebelumnya, sekarang akan dijelaskan bagian-bagian khusu: untuk
permulaan mengenai syarat-syarat dan alat-alat dalam Pendidikan yang
teratur. Disebut ‘yang teratur’, sebab Pendidikan itu sebenarnya berlaku di
tiap-tiap keluarga dengan cara yang tidak teratur. Berlakunya Pendidikan
ddari tiap-tiap orang terhadap anak-anak terbawa oleh adanya paedagogis
instinct, yakni keinginan dan dan kecakapan tiap-tiap manusia untuk
mendidik anak-anaknya agar selamat dan Bahagia. Naluri atau instinct
disebabkan pula oleh adanya naluri yang pokok (oerinstinct), yang bertujuan
agar terwujudnya keberlangsungan keturunan (ngudhi-tuwuh), behoud van
de sort).
Pendidikan yang dilakukan oleh setiap orang terhadap anak-anaknya,
pada umumnya hanya berdasarkan pada cara-kebiasaan (taditie, sleur) dan
seringkali dipengaruhi oleh perasaan yang berganti-ganti dari si pendidik.
Dengan kata lain, tidak dengan ‘keinsyafan’ dan tidak tetap. Jika terdapat
keinsyafan, maka keinsyafan itu hanya berdasar atas ‘perkiraan’ atau
‘rabaan’ belaka, yakni tida berdasarkan pengetahuan. Andaikata ada dasar
pengetahuan yang berasal dari ‘pengalaman’, sehingga hal ini berarti kurang
luar (eenzijdig).
Comments
Post a Comment
KRITIK DAN SARAN PENGEMBANGAN SITUS...