3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 https://www.kompasiana.com/gurursani17227/62a79283f5f3294078284833/student-adency-profil-pelajar-pancasila-merdeka-belajar-dengan-pb-dan-pse-dalam-bp-sekolah

Peristiwa (Fact)

 MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAN PENDIDIKAN SOSIAL EMOSIONAL  DALAM BUDAYA POSITIF SEKOLAH

1. KEPEMIMPINAN SISWA ( MENUMBUHKAN SUARA, PILIHAN DAN KEPEMILIKAN SISWA)

2. PROFIL PELAJAR PANCASILA( MEWUJUDKAN ENAM PROFIL PELAJAR PANCASILA)

3. MERDEKA BELAJAR ( KODRAT ALAMI DAN KODRAT ZAMAN SISWA)

4. PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (KEBUTUHAN, MOTIFASI, PROFIL, KESEPAKATAN KELAS, TIRTA, CHOACHING)

5. PENDIDIKAN SOSIAL EMOSIONAL ( PENGENDALIAN DIRI, PENGELOLAN DIRI)

6. BUDAYA POSITIF ( KEPEMIMPINAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA SEKOLAH) 

: • latar belakang tentang situasi yang dihadapi 

KEBAHAGIAAN DAN KESELAMATAN SISWA 
FILOSOFIS PENDIDIKAN NASIONAL 
MERDEKA BELAJAR, KURIKULUM MERDEKA, GURU PENGGERAK, SEKOLAH PENGGERAK
 PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN ABAD 21 BERFOKUS PADA KEPEMIMPINAN SISWA BERDASAR KODRAT ALAM DAN KODRAT JAMAN SISWA DALAM MENCAPAI KEBAHAGIAAN DAN KESELAMATANNYA MELALUI SUARA, PILIHAN DAN KEPEMILIKAN SISWA DENGAN MENYEDIAKAN KONDISI POSITIF BERDASARKAN 7 SUMBER DAYA YANG ADA (1. Aset/Modal Manusia 2. Aset/Modal Sosial 3. Aset/Modal Fisik 4. Modal Lingkungan atau alam 5. Modal Finansial 6. Modal Politik 7. Modal Agama dan budaya) DALAM KOMUNITAS SEKOLAH


• yang dilakukan pada Aksi Nyata, MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR BENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAN PENDIDIKAN SOSIAL EMOSIONAL  DALAM BUDAYA POSITIF SEKOLAH 

 berikut alasan mengapa melaksanakan Aksi tersebut 

1. KEPEMIMPINAN SISWA ( MENUMBUHKAN SUARA, PILIHAN DAN KEPEMILIKAN SISWA)

2. PROFIL PELAJAR PANCASILA( MEWUJUDKAN ENAM PROFIL PELAJAR PANCASILA)

3. MERDEKA BELAJAR ( KODRAT ALAMI DAN KODRAT ZAMAN SISWA)

4. PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (KEBUTUHAN, MOTIFASI, PROFIL, KESEPAKATAN KELAS, TIRTA, CHOACHING)

5. PENDIDIKAN SOSIAL EMOSIONAL ( PENGENDALIAN DIRI, PENGELOLAN DIRI)

6. BUDAYA POSITIF ( KEPEMIMPINAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA SEKOLAH) 

• Hasil dari Aksi Nyata yang dilakukan • 

BUDAYA POSITIF SEKOLAH 
 KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAN PENDIDIKAN SOSIAL EMOSIONAL 


Perasaan (Feeling) Perasaan ketika atau setelah menjalankan ketiga Aksi Nyata Pembelajaran 

BERBAHAGIA MENDORONG, MEMOTIVASI DAN TAULADAN AGAR SISWA MENCAPAI  KEBAHAGIAAN DAN KESELAMATANNYA

(Finding) Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan keseluruhan Aksi ( baik dari kegagalan maupun keberhasilan) Penerapan ke Depan 

PERUBAHAN PADADIGMA DARI TEACHER SENTRIS KE STUDENT SENTRIS

(Future) Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang

KOMUNITAS BERBASIS ASET YANG DIAWALI DENGAN MEMAHAMI MINAT, KEBUTUHAN DAN PROFIL SISWA DILANJUTKAN DENGAN  KESEPAKATAN KELAS YANG DIBUAT OLEH SISWA DITANGANI DENGAN SEGITIGA RESTITUSI SERTA CHOACHINGCLASS MENUMBUHKAN BUDAYA POSITIF MEMBENTUK STUDEN AGENCY, MENYUARAKAN, PILIHAN DAN KEPEMILIKAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAN PENDIDIKAN SOSIAL EMOSIONAL. PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

Comments

Popular posts from this blog

Posisi Kontrol

PELAJAR PANCASILA

VISI : MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

PENGGUNAAN MODUL1 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 2 KELAS VIII

3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum

pemimpin pengelolaan sumber daya