Filosofis pemikiran Ki Hadjar Dewantara menjadi penguatan pengetahuan dan pengalaman baru sebagai pendidik dan pembelajar


BUKAN PERISTIWA BUKAN KEJADIAN OBROLAN RINGAN
BANDUNG,GURU R SANI, 2021



IQ, guru penggera


Refleksikan pemikiran Ki Hadjar Dewantara sebagai pengetahuan dan pengalaman baru dalam pembelajaran

  • Pengalaman baru setelah mempelajari secara mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Pendidikan dan Pengajaran dalam memahami arti dan tujuan Pendidikan. 
(filosofis Ki Hadjar Dewantara) 

pengajaran (onderwijs) adalah bagian dari Pendidikan. Pengajaran merupakan proses Pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin. 

Pendidikan (opvoeding) memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat. 


Kekuatan  dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru

pemahaman filosofis Ki Hadjar Dewantara di PPGP menjadi pengembangan diri dan energi baru serta angin segar dalam turut serta meningkatkan pendidikan dan pengajaran sebagai kekuatan 

pengajaran (onderwijs) 

Pendidikan (opvoeding)

Dasar Dasar Pendidikan

Prinsip perubahan (Asas Trikon)

Kodrat alami

Budi Pekerti

Pendidikan Keluarga

semboyan taman siswa


hal-hal yang perlu  mulai dari diri  agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru

bisa mengaplikasikan semboyan taman siswa Ing Ngarso Sung Tulodo,    Ing Madya Mangun Karsa,  Tut Wuri Handayani sehingga bisa menuntun merdeka belajar anak dalam pengajaran (onderwijs) dan Pendidikan (opvoeding) dengan Dasar Dasar Pendidikan berpusat pada siswa tanpa melupakan Prinsip perubahan (Asas Trikon)  juga menghormati Kodrat alami siswa yang dimiliki baik kodrat alam maupun kodrat jaman dalam meningkatkan Budi Pekerti

perubahan konkret yang akan dilakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara mulai dari hal kecil dengan semaian  mensosialisasikan dan mengaplikasikan dalam keseharian secara faktual filosofis KHD dan semboyan taman siswa Ngarso Sung Tulodo,    Ing Madya Mangun Karsa,   Tut Wuri Handayani” di lingkungan sekolah sehingga pemahaman menuntun siswa dalam kemerdekaan belajar sebagai media dalam mencapai tujuan pendidikan dengan pemahaman bersama dan bergerak bersama bisa besar kemungkinan tercapai sesuai harapan.

Comments

Popular posts from this blog

Posisi Kontrol

Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum

Konsep Pengambilan dan Pengujian Keputusan

VISI : MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif

KBM IPS KELAS VII SMP

OFFROAD

KEMAKMURAN SEBUAH UTOPIS ATAUKAH KENYATAAN