Filosofis pemikiran Ki Hadjar Dewantara menjadi penguatan pengetahuan dan pengalaman baru sebagai pendidik dan pembelajar
- Get link
- X
- Other Apps
Refleksikan pemikiran Ki Hadjar Dewantara sebagai pengetahuan dan pengalaman baru dalam pembelajaran
- Pengalaman baru setelah mempelajari secara mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara
Pendidikan dan Pengajaran dalam memahami arti dan tujuan Pendidikan.
(filosofis Ki Hadjar Dewantara)
pengajaran (onderwijs) adalah bagian dari Pendidikan. Pengajaran merupakan proses Pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin.
Pendidikan (opvoeding) memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
Kekuatan dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru
pemahaman filosofis Ki Hadjar Dewantara di PPGP menjadi pengembangan diri dan energi baru serta angin segar dalam turut serta meningkatkan pendidikan dan pengajaran sebagai kekuatan
pengajaran (onderwijs)
Pendidikan (opvoeding)
Dasar Dasar Pendidikan
Prinsip perubahan (Asas Trikon)
Kodrat alami
Budi Pekerti
Pendidikan Keluarga
semboyan taman siswa
hal-hal yang perlu mulai dari diri agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru
bisa mengaplikasikan semboyan taman siswa Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani sehingga bisa menuntun merdeka belajar anak dalam pengajaran (onderwijs) dan Pendidikan (opvoeding) dengan Dasar Dasar Pendidikan berpusat pada siswa tanpa melupakan Prinsip perubahan (Asas Trikon) juga menghormati Kodrat alami siswa yang dimiliki baik kodrat alam maupun kodrat jaman dalam meningkatkan Budi Pekertiperubahan konkret yang akan dilakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara
Setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara mulai dari hal kecil dengan semaian mensosialisasikan dan mengaplikasikan dalam keseharian secara faktual filosofis KHD dan semboyan taman siswa Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani” di lingkungan sekolah sehingga pemahaman menuntun siswa dalam kemerdekaan belajar sebagai media dalam mencapai tujuan pendidikan dengan pemahaman bersama dan bergerak bersama bisa besar kemungkinan tercapai sesuai harapan.
Comments
Post a Comment
KRITIK DAN SARAN PENGEMBANGAN SITUS...