3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 a. Sintesis berbagai materi

  • Pada sesi pembelajaran kali ini, Anda diberikan tantangan untuk membuat kesimpulan dan juga koneksi antara semua materi yang telah diberikan dalam modul ini dengan materi lainnya selama mengikut proses Pelatihan Guru Penggerak.
Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya




 






  • Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran  dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah.  
dengan sarana Pengelolaan Sumber Daya yang ada membangun budaya positif dengan PD dan KSE dalam komunitas mewujudkan pelajar pancasila merdeka belajar

  • Jelaskan dan berikan contoh bagaimana hubungannya pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas.  
pengelolaan sumberdaya dalam pembelajaran di luar kelas lebih baik lagi memanfaatkan aset daerah yang ada terutama musium geologi serta aset daerah yang ada dalam pembelajaran

  • Berikan beberapa contoh bagaimana materi ini juga berhubungan dengan materi lain yang Anda dapatkan sebelumnya selama mengikuti proses Pelatihan Guru Penggerak.
pelajar pancasila merdeka belajar di wujudkan dengan tahapan merdeka menerapkan PD dan KSE semua didukung dengan pengelolaan sumber daya yang ada

  • Ceritakan pula bagaimana hubungan antara sebelum dan sesudah Anda mengikuti pelatihan terkait modul ini, serta pemikiran apa yang sudah berubah di diri Anda setelah Anda mengikuti proses pembelajaran dalam modul ini.
sebelumnya pembelajaran materi di kelas setelah belajar pengelolaanb semangat dalam memfasilitasi anak anak dengan aset daerah yang ada yang tidak jauh dan biaya tinggi

  • Komunikasikan hasil kesimpulan Anda dengan cara apapun yang bisa Anda pilih sendiri. Unggahlah bagan atau artikel ini sesuai petunjuk dibagian bawah.koneksi antar materi yang membuka cakrawala sumber daya

b. Rancangan tindakan

  • Buatlah rencana kecil perubahan yang akan Anda lakukan pada diri Anda yang berkaitan dengan materi dalam modul ini dan mengimplementasikan pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset. 
  • Lakukan perubahan kecil yang berdampak dalam lingkup kelas Anda.  Di sini Anda akan berlatih membuat rangka perubahan dalam lingkup kelas Anda sendiri sebelum masuk ke lingkup yang lebih besar, yaitu sekolah pada modul selanjutnya.
  • Rencanakan prakarsa yang bisa dipastikan akan Anda laksanakan, dengan jangka waktu yang optimal bagi Anda, dan tentunya Anda dapat mengestimasi apa dampak dari rencana ini bagi murid Anda. 
  • Anda dapat mengingat kembali video yang disaksikan pada sesi Elaborasi Pemahaman sebelumnya.
  • Gunakanlah format BAGJA atau 5 D (Define, Discovery, Dream, Design, Destiny/Deliver) yang sudah dipelajari pada modul 1.3.  Anda dapat mengunggah rencana perubahan kecil ini pada tautan berikut ini.
  • Sebagai pengingat apa itu yang akan Anda gunakan, saksikan video tayangan berikut ini. (video BAGJA Materi Modul 1.3)

Sebagai persiapan melakukan Aksi Nyata tersebut, buatlah rancangan sederhana dengan mengisi bagan berikut: 

PRAKARSA PERUBAHAN
TahapanPertanyaanDaftar tindakan/ riset/ penyelidikan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan jawaban

B-uat pertanyaan (Define)

  • Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;
kepemimpinan dalam pengelolaan sumber daya dalam mewujudkan pelajar pancasila merdeka belajar
  • Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan
membuat komunitas praktisi
budaya positif 
pembelajaran berdiferensiasi
diagram
tirta 
bagja
choaching klinik
refleksi

A-mbil pelajaran (Discover)

  • Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/ peluang lewat investigasi;
upaya menggerakan komunitas praktisi menerapkan
membuat komunitas praktisi
budaya positif 
pembelajaran berdiferensiasi
diagram
tirta 
bagja
choaching klinik
refleksi

  • Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur.
membangun budaya positif
G-ali mimpi (Dream)

  • Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;
pelajar pancasila merdeka belajar dengan PD dan KSE dalam budaya positif serta kepemimpinan pengelolaan sumber daya

  • Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multiunsur (kapan, di mana, siapa saja).
di sekolah pembelajaran berdiferensiasi di luar kelas
lingkungan sekitar
kunjungan ke musium geologi
kunjungan ke saung angklung ujo
kunjungan ke gedung sate dan musium
kunjungan ke tangkuban perahu
J-abarkan rencana (Design)

  • Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan
  • pembelajaran di luar kelas
  •  pencapaian;pembelajaran sejarah  dengan kunjungan ke musium geologi

  • Menyusun definisi kesuksesan pencapaian
pelakanaan tersusun dan terlaksana tepat waktu
A-tur eksekusi (Deliver)

  • Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;
kepala sekolah serta wakasek kesiswaan

  • Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: SOP, knowledge management, monev/refleksi)
kesepakatan kelas
tatib sekolah


Comments

Popular posts from this blog

Posisi Kontrol

PELAJAR PANCASILA

VISI : MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

PENGGUNAAN MODUL1 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 2 KELAS VIII

3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum

pemimpin pengelolaan sumber daya