Pembelajaran Umum
Refleksi Pembelajaran Umum
mengartikulasikan nilai-nilai dari Guru Penggerak (GP) dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
Guru Penggerak
3 fokus guru penggerak
1. pemimpin pembelajaran
2. menggerakkan diri serta lingkungan sekolah
3. mewujudkan sekolah yang berpihak pada murid.
4 Kategori guru penggerak
1. mengembangkan diri dan orang lain
2. memimpin pembelajaran
3. memimpin manajemen sekolah
4. memimpin pengembangan sekolah
5 butir peran dari seorang Guru Penggerak:
1. Menjadi Pemimpin Pembelajaran
2. Menggerakkan Komunitas Praktisi
3. Menjadi Coach Bagi Guru Lain
4. Mendorong Kolaborasi Antar Guru
5. Mewujudkan Kepemimpinan Murid
5 nilai dari Guru Penggerak adalah:
1. Mandiri
2. Reflektif
3. Kolaboratif
4. Inovatif
5. Berpihak pada Murid.
Pelajar pancasila
Semangat Merdeka Belajar yang sedang dicanangkan ini juga memperkuat tujuan pendidikan nasional sehingga Pelajar Pancasila berarti pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila,
Pelajar yang terbangun utuh keenam dimensi pembentuknya. Dimensi ini adalah:
1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia;
2) Mandiri;
3) Bergotong-royong;
4) Berkebinekaan global;
5) Bernalar kritis;
6) Kreatif.
Melibatkan orang lain dengan tetap menghargai keragaman latar belakang yang dimiliki (dimensi Gotong Royong dan Berkebinekaan Global)
Comments
Post a Comment
KRITIK DAN SARAN PENGEMBANGAN SITUS...