Pembelajaran Umum


 

Refleksi Pembelajaran Umum

mengartikulasikan nilai-nilai dari Guru Penggerak (GP) dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila


Guru Penggerak


3 fokus guru penggerak

1. pemimpin pembelajaran

2. menggerakkan diri serta lingkungan sekolah  

3. mewujudkan sekolah yang berpihak pada murid.


4 Kategori guru penggerak

1. mengembangkan diri dan orang lain 

2. memimpin pembelajaran

3. memimpin manajemen sekolah

4. memimpin pengembangan sekolah


5 butir peran dari seorang Guru Penggerak: 

1. Menjadi Pemimpin Pembelajaran 

2. Menggerakkan Komunitas Praktisi 

3. Menjadi Coach Bagi Guru Lain 

4. Mendorong Kolaborasi Antar Guru 

5. Mewujudkan Kepemimpinan Murid



5 nilai dari Guru Penggerak adalah: 

1.  Mandiri

2.  Reflektif

3.  Kolaboratif

4.  Inovatif

5.  Berpihak pada Murid.


Pelajar pancasila

Semangat Merdeka Belajar yang sedang dicanangkan ini juga memperkuat tujuan pendidikan nasional sehingga Pelajar Pancasila berarti pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila, 


Pelajar yang terbangun utuh keenam dimensi pembentuknya. Dimensi ini adalah:

1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 

2) Mandiri; 

3) Bergotong-royong; 

4) Berkebinekaan global; 

5) Bernalar kritis; 

6) Kreatif. 


Melibatkan orang lain dengan tetap menghargai keragaman latar belakang yang dimiliki (dimensi Gotong Royong dan Berkebinekaan Global)


Comments

Popular posts from this blog

Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum

OBROLAN MALAM JUM’AT (OM MAMAT)

VISI : MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

Konsep Pengambilan dan Pengujian Keputusan

Posisi Kontrol

model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif

Visi Guru Penggerak

KBM IPS KELAS VII SMP

Teori Kendi dan Botol