Kompetensi Guru penggerak

 



Kompetensi Guru Penggerak


1. Kategori Pengembangan diri dan orang lain

a. Menunjukkan praktik pengembangan diri berdasarkan kesadaran dan kemauan pribadi.

1. Mengenali potensi diri dalam kepemimpinan pendidikan.2. Mengambil inisiatif, menetapkan tujuan, dan merencanakan pengembangan diri sesuaidengan kebutuhan kepemimpinan pendidikan yang dihadapi.3. Melakukan pengembangan diri sesuai dengan yang direncanakan.4. Melakukan refleksi terhadap hasil pengembangan diri untuk perbaikan.


Berkembang Layak Cakap Mahir 

Melakukan refleksi terhadap potensi diri dan hasil pengembangan diri sesuai dengan kebutuhan kepemimpinan pendidikan yang dihadapi.

Membiasakan diri melakukan refleksi terhadap potensi diri dan hasil pengembangan diri sesuai dengan kebutuhan kepemimpinan pendidikan yang dihadapi sehingga dapat menentukan tujuan pengembangan diri yang spesifik.

Menjadi terbiasa melakukan refleksi secara terstruktur dalam praktik kepemimpinan sehingga memiliki mekanisme dalam pengembangan diri secara mandiri.

Menginisiasi kolaborasi dalam melakukan refleksi dengan melibatkan warga sekolah, termasuk memantau dampak efektivitasnya pada perkembangan sekolah, sebagai dasar untuk melakukan pengembangan praktik kepemimpinan pembelajaran dan pendidikan.

b. Mengembangkan kompetensi warga sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

1. Memetakan kebutuhan belajar warga sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.2. Melakukan pendampingan kepada guru untuk melakukan pengembangan diri.3. Melakukan pendampingan kepada guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.4. Mendorong warga sekolah menguasai kompetensi yang dibutuhkan.5. Memberikan kesempatan kepada warga sekolah untuk melakukan pengembangankompetensi di luar sekolah.

 

Jenjang Kompetensi Berkembang Layak Cakap Mahir

 Memetakan kebutuhan belajar warga sekolah dalam melakukan pengembangan diri untuk

Meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

Menentukan strategi dan melakukan pendampingan kepada guru dalam pelaksanaan pengembangan diri dan peningkatan kualitas pembelajaran.

 Menentukan strategi dan melakukanpendampingan kepada gurudalam  pelaksanaanpengembangan diridan peningkatan kualitas pembelajaran serta memberikan kesempatan kepada warga sekolah dalam peningkatan kompetensi di luar sekolah.

Mengembangkan mekanisme dalam pemetaan kebutuhan belajar warga sekolah, penentuan strategi, dan pendampingan kepada guru dalam pelaksanaan pengembangan diri dan peningkatan

Kualitas pembelajaran serta dalam memberika kesempatan kepada warga sekolah dalam peningkatan kompetensi di luar sekolah.


c. Berpartisipasi aktif dalam jejaring dan organisasi yang relevan dengan kepemimpinan sekolah untuk mengembangkan karier.
 

1. Ikut serta dalam kegiatan jejaring dan organisasi yang relevan dengan kepemimpinan sekolah.2. Berbagi praktik baik kepemimpinan sekolah dalam kegiatan jejaring dan organisasi yang relevan.3. Mengadopsi dan mengadaptasi praktik baik kepemimpinan dari kegiatan jejaring dan organisasiyang relevan.4. Mendampingi pimpinan sekolah lain dalam pengembangan karier melalui jejaring danorganisasi yang relevan dengan kepemimpinan sekolah.5. Berinisiatif mengembangkan dan memberdayakan jejaring dan organisasi kepemimpinansekolah.

Jenjang Kompetensi Berkembang Layak Cakap Mahir

Berpartisipasi dalam kegiatan jejaring dan organisasi kepemimpinan sekolah dengan Mengambil praktik baik dari kepemimpinan sekolah lain untuk melakukan refleksi dalam rangka pengembangan diri 

 Berbagi praktik baik dalam kepemimpinan sekolah secara berkala dan konsisten melalui kegiatan jejaring dan organisasi yang relevan, serta mengadopsi dan mengadaptasi praktik baik dalam kepemimpinan sekolah lain yang relevan

 Berbagi praktik baik dalam kepemimpinan sekolah secara berkala dan konsisten, mengadopsi danMengadaptasi praktik baik dalam kepemimpinan sekolah lain yang relevan, serta mendampingi pimpinan sekolah lain dalam pengembangan karier melalui jejaring dan organisasi yang relevandengan kepemimpinan sekolah

 

Menginisiasi pengembangan dan pemberdayaan jejaring dan organisasi kepemimpinan sekolah untukMemfasilitasi kegiatan berbagi praktik baik dalam kepemimpinan sekolah secara berkala dan konsisten, kegiatan mengadopsi dan mengadaptasi praktik baik dalam kepemimpinan sekolah lain yang relevan, serta kegiatan mendampingi pimpinan sekolah lain dalam pengembangan karier

 

d. Menunjukkan kematangan spiritual, moral, dan emosi untuk berperilaku sesuai dengan kode etik

 1. Mengaktualisasikan makna, tujuan, dan pandangan hidup pimpinan sekolah berdasarkankeyakinannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa2. Mengelola emosi agar berdampak positif dalam kepemimpinan sekolah3. Menggunakan prinsip moral dalam melakukan pengambilan keputusan4. Melaksanakan perilaku kerja dan praktik kepemimpinan yang mengacu pada kode etik5. Menerapkan strategi untuk menghindari pelanggaran kode etik dan konflik kepentingan

 

Jenjang Kompetensi Berkembang Layak Cakap Mahir

 

Mengelola emosi,menggunakanprinsip moral, danmenunjukkankeyakinanterhadap Tuhan

yang Maha Esauntuk berperilakukerja yangmengacu padakode etik.

 

Mengelolaemosi,menggunakanprinsip moral, danmenunjukkankeyakinan terhadapTuhan yang MahaEsa untukmengembangkanperilaku kerja danpembelajaran yangmengacu pada kodeetik.

Mengelola emosi,menggunakanprinsip moral,danmenunjukkankeyakinanterhadap Tuhanyang Maha Esauntukmengembangkanperilaku kerjadanpembelajaranyang mengacupada kode etik,sertamengantisipasipelanggaran kodeetik danmenghindarikonflikkepentingan.

 

Membantukepemimpinansekolah yang laindalam mengelolaemosi,menggunakanprinsip moral, dan

menunjukkankeyakinanterhadap Tuhanyang Maha Esauntukmengembangkanperilaku kerja danpembelajaran yangmengacu padakode etik sertamengantisipasiterjadinyapelanggaran kode etikdanmenghindarikonflikkepentingan.

 


2. Kategori kepemimpinan pembelajaran


a. Memimpin upaya pengembangan lingkungan belajar yang berpusat pada murid
 

1. Mengembangkan dan merawat lingkungan sekolah yang nyaman dan aman bagi warga

sekolah.2. Mengembangkan komunikasi dan interaksi warga sekolah yang saling percaya dan

peduli.3. Memfasilitasi masukan dan aspirasi murid dalam penyusunan kebijakan pegembangan

lingkungan belajar dan pelaksanaan praktik belajar.4. Memastikan guru melibatkan murid dalam membangun lingkungan belajar yang

kondusif.

 

Jenjang KompetensiBerkembang Layak Cakap Mahir

 

Mengajak guruuntukmengembangkankelas sebagaisistem sosialyangmewujudkanmerdeka belajar.

Melibatkan seluruhwarga sekolahuntukberpartisipasidalam mewujudkanlingkungan belajaryang aman dannyaman bagiaktivitas murid danguru sehinggasenantiasaterwujud merdekabelajar.

 

Memastikan danmembangunkomunikasi sertainteraksipersuasif seluruhwarga sekolahdalam

berpartisipasimewujudkanlingkungansekolah yangkondusif, aman,dan nyaman bagiaktivitas murid

dan gurusehinggasenantiasaterwujudmerdeka belajar.

 

Mengembangkansistem yangmemastikanmasukan danaspirasi muridsebagaipertimbangandalam

penyusunankebijakan danpraktik belajarpada level kelasdan sekolahdengan dukungan dari

warga sekolah yanglain untukmewujudkanlingkungan belajaryang kondusif,aman, dan

nyaman bagiaktivitas muriddan guru sehinggasehinggasenantiasa terwujud merdekabelajar.

 

b. Memimpin perencanaan dan pelaksanaan proses belajar yang berpusat pada murid.

 1. Memimpin pertemuan guru untuk merencanakan proses belajar yang berpusat padamurid.2. Memberi umpan balik terhadap perencanaan dan pelaksanaan proses belajar sebagai dasar bagiguru melakukan perbaikan.3. Menunjukkan praktik pembelajaran yang berpusat pada murid sebagai teladan bagi guru.4. Menyediakan dukungan agar guru fokus dalam melaksanakan proses belajar yangberpusat pada murid.

 

Jenjang KompetensiBerkembang Layak Cakap Mahir

 

Mengadakanpertemuan untukmelakukanperbaikanperencanaan danpeningkatanpraktik

pembelajaranuntukmenumbuhkankegemaranbelajar setiapmurid.Mengadakan danmemandu

pertemuan untukmembantu gurudalam melakukanrefleksi untukmemperbaiki

aktivitas belajaryang berpusat padamurid danbermakna bagisetiap murid.

 

Menumbuhkankebiasaanberdiskusi aktifuntuk membantuguru dalammelakukanrefleksi untuk

memperbaikiaktivitas belajaryang berpusatpada murid danbermakna bagisetiap muridberdasarkan

praktik baikpembelajaran dandata dariasesmen proses danhasil belajar.

 

Mengembangkanmekanisme yangdigunakan untukmembantu gurumendapatkandukungan dari

guru lain ataumanajemensekolah dalammeningkatkankualitaspembelajaran yangberpusat padamurid berdasarkanpraktik baikpembelajaran dandata dari asesmenproses dan hasilbelajar.

 

c. Memimpin refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada murid.


1. Mengoordinasi pengumpulan dan pengolahan data terkait proses dan hasil belajar murid.2. Mengoordinasi evaluasi praktik pembelajaran berdasarkan data terkait proses dan hasil belajarmurid.3. Memimpin pertemuan refleksi secara berkala untuk perbaikan kualitas proses belajar.4. Membimbing guru untuk melakukan perbaikan kualitas proses belajar berdasarkan hasildarirefleksi.

 

Jenjang Kompetensi Berkembang Layak Cakap Mahir

Memimpinpertemuanrefleksi secaraberkala yangmelibatkansemua guruuntuk perbaikankualitas prosesbelajar.Memimpinpertemuanrefleksi secaraberkala yangmelibatkansemua guru

berdasarkananalisis data yangmenghasilkan inisiatifuntukperbaikankualitas prosesbelajar yang

terukur.

 

Memimpinpertemuanrefleksi secaraberkala yangmelibatkansemua guruberdasarkananalisis data yang

menghasilkan inisiatifkolaboratif untukperbaikankualitas prosesbelajar yangterukur

 

Mengembangkan mekanismerefleksi secaraberkala yangmelibatkansemua guruberdasarkan

analisis data yangmenghasilkan inisiatifkolaboratif untukperbaikankualitas prosesbelajar yang

 terukur.

 d. Melibatkan orang tua/wali murid sebagai pendamping dan sumber belajar di sekolah.

1. Mendukung guru untuk memahami kebutuhan dan karakteristik orang tua/wali murid.2. Menginisiasi komunikasi dan interaksi dengan orang tua/wali murid.3. Menyediakan dukungan kepada guru agar dapat berkomunikasi dan berinteraksidengan orang tua/wali murid.4. Menyediakan kesempatan terbuka bagi orang tua/wali murid untuk menyampaikanpendapat.5. Menyediakan kesempatan bagi orang tua/wali murid untuk berperan sebagai pendamping dansumber belajar.6. Mendorong orang tua/wali murid untuk menggunakan kesempatan sebagai pendamping dansumber belajar.

Jenjang KompetensiBerkembang Layak Cakap Mahir


Membangunkomunikasiberdasarkanpemahamanempatik untukmengoptimalkanperan orangtua/wali muridsebagaipendampingbelajar.


Memfasilitasiinteraksi antaraorang tua/walimurid dan guruberdasarkanpemahamanempatik untuk mengoptimalkanperan orangtua/wali muridsebagaipendamping dansumber belajar disekolah.

 Memfasilitasisecara berkalainteraksi antaramurid, orangtua/wali murid,dan guruberdasarkanpemahamanempatik untukmengoptimalkanperan orangtua/wali muridsebagaipendamping dansumber belajar disekolah yangberdampak padapeningkatankualitas prosesbelajar.

 

Mengembangkanmekanisme untukmemfasilitasisecara berkalainteraksi antaramurid, orangtua/wali murid,dan guru sertamenyediakanperan bagi orangtua/wali muriduntuk terlibatdalam prosesbelajar danmenanganikeluhan orangtua/wali muridyang berdampak padapeningkatan kualitasproses belajar.

 

 

3. Kategori kepemimpinan pengembangan sekolah


a. Memimpin program pengembangan sekolah untuk mengoptimalkan proses belajar murid dan
mendukung kebutuhan masyarakat sekitar sekolah yang relevan.

1. Melakukan evaluasi diri sekolah yang melibatkan warga sekolah dengan berbasis datadan bukti2. Menentukan prioritas, merancang, dan melaksanakan program pengembangansekolah dengan mengacu pada kebutuhan murid, ketersediaan sumber daya, sertavisi dan misi sekolah3. Menginisiasi program pengembangan sekolah dalam lingkup terbatas untuk mendapatkanbukti keberhasilan sebelum diterapkan pada lingkup yang lebih luas4. Mengimplementasikan pendekatan inovatif untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensiprogram pengembangansekolah5.Mengorganisasi proses pengembangan sekolah untuk memastikan peningkatan kualitasproses belajar yang berdampak pada murid 6. Mewujudkan peran sekolah untukmendukung kebutuhan masyarakat sekitar sekolah yang relevan

 

Jenjang KompetensiBerkembang Layak Cakap Mahir

 

Merencanakandanmengorganisasiprogrampengembangansekolah secaraefektif danefisiensi.

 

Merencanakandanmengorganisasiprogrampengembangansekolah secaraefektif dan efisien

untukmeningkatkankualitas prosesbelajar yangberdampak padamurid.

 

Melibatkan wargasekolah dalamprosespengembangansekolah yangberpendekatan

inovatif, yangefektif dan efisienuntukmeningkatkan

kualitas prosesbelajar yangberdampak padamurid sertamendukungkebutuhanmasyarakatsekitar sekolahyang relevan.

 

Membangunmekanisme untukmemfasilitasiprosespengembangansekolah yangberpendekataninovatif, yangefektif dan efisienuntukmeningkatkankualitas prosesbelajar yangberdampak pada

murid sertamendukungkebutuhanmasyarakat sekitarsekolah yangrelevan.

 

b. Melibatkan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah

1. Mengomunikasikan pentingnya pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas

belajar murid kepada orang tua/wali murid dan masyarakat.2. Menyediakan kesempatan bagi orang tua/wali murid dan masyarakat untukmengambil peran dalam pengembangan sekolah.3. Mengomunikasikan dampak hasil pengembangan sekolah pada peningkatan kualitasbelajar murid kepada orang tua/wali murid dan masyarakat.


Jenjang KompetensiBerkembang Layak Cakap Mahir

Mengomunikasikandan memintamasukan dari orangtua/wali murid danmasyarakat terkaitdampak hasilpengembangansekolah padapeningkatankualitas belajarmurid.

Mengomunikasikandenganmenggunakanberbagai strategikomunikasi yangmendorongketerlibatan orangtua/wali murid danmasyarakat dalampengembangansekolah yangberdampak padapeningkatankualitas belajarmurid.


Mengomunikasikan hasilpengembangansekolah sertamenyediakankesempatan bagiorang tua/wali

murid danmasyarakatuntuk mengambilperan dalamprogrampengembangansekolah yangberdampak padapeningkatankualitas belajarmurid.

 

Membangunmekanisme yangmemfasilitasikomunikasi hasilpengembangansekolah danpenyediaankesempatan bagiorang tua/walimurid danmasyarakat untukmengambil perandalam programpengembangansekolah yangberdampak padapeningkatan kualitasbelajar murid.

 

 

4. Kategori kepemimpinan manajemen sekolah

 


a. Mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berorientasi pada murid

1. Memfasilitasi keikutsertaan warga sekolah dalam penyusunan visi dan misi sekolah sertaprogramnya.2. Menumbuhkan budaya belajar warga sekolah yang berorientasi pada murid untukmewujudkan visi dan misi sekolah.3. Mengomunikasikan visi dan misi sekolah dengan menggunakan basis bukti dan data melaluiberbagai media.4. Memberi kesempatan pada warga sekolah untuk mencoba pendekatan baru secara iteratif danreflektif sesuai perannya dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.5. Mengevaluasi implementasi program secara berkala untuk mewujudkan visi dan misiSekolah

 

Jenjang Kompetensi Berkembang Layak Cakap Mahir

 Memfasilitasikeikutsertaanwarga sekolahdalammenyusun visidan misisekolah sertaprogramnya.

 Memfasilitasikeikutsertaanwarga sekolahdalam menyusunvisi dan misisekolah yangmenumbuhkan

budaya belajaryang berorientasipada murid serta


mengomunikasikannya berbasisbukti dan datamelalui berbagaimedia.

 Memfasilitasikeikutsertaanwarga sekolahdalam menyusun,mengomunikasikan,dan mewujudkan visidan misisekolah denganpendekatan barusecara iteratif danreflektif sesuaidengan perannya,

serta mengevaluasiimplementasiprogram secaraberkala untukmewujudkan visi danmisi sekolah.

 Membangunmekanismedalammemfasilitasikeikutsertaanwargasekolahdalammenyusun,mengomunikasik an,danmewujudkan visi danmisi sekolah denganpendekatan barusecara iteratifdan reflektifsesuai denganperannya, sertamengevaluasiimplementasiprogram secaraberkala untukmewujudkan visidan misi sekolah.


b. Memimpin dan mengelola program sekolah yang berdampak pada murid.

1. Menyusun program prioritas dalam merancang program yang sesuai dengan visi dan misi

sekolah, realistis, dan berorientasi pada murid.2. Mendapatkan sumber daya yang sesuai dan dapat dipertanggungjawabkan untukmelaksanakan program sekolah.3. Memberdayakan sumber daya sekolah yang tersedia secara efektif dan efisien untukmeningkatkan kualitas belajar.4. Menunjukkan praktik baik pelaksanaan program sekolah yang berdampak pada murid.5. Mengarahkan warga sekolah untuk menjalankan program dengan menjelaskanketerkaitan program dengan visi dan misi sekolah.6. Memantau dan memberi umpan balik untuk memotivasi warga sekolah dalammenjalankan program yang berdampak pada murid.7. Memandu pertemuan secara berkala untuk merefleksikan dan memperbaikipelaksanaan program sekolah agar lebih berdampak pada murid.

 

Jenjang KompetensiBerkembang Layak Cakap Mahir


Menyusunprogram sekolahdan memantauketerlaksanaannyaagar berjalansesuai denganrencana programdan visi dan misisekolah.

Mengorganisasiwarga sekolahdalam menyusunprogram sekolah danmemberdayakansumber daya

yang tersediauntukmelaksanakanprogram sekolahsecara efektif danefisien.

Mengorganisasiwarga sekolahdalammelaksanakanprogram sekolahdenganmenunjukkan

praktik baik,memantau,memberi umpanbalik, danmemandupertemuan secaraberkala untukmemperbaikipelaksanaanprogram sekolahagar lebihberdampak padamurid.

 

Mengembangkanmekanismeuntukmengorganisasiwarga sekolahdalammelaksanakanprogram sekolahdenganmenunjukkanpraktik baik,memantau,memberi umpanbalik, danmemandupertemuan secaraberkala untukmemperbaikipelaksanaanprogram sekolahagar lebihberdampak padamurid.

Comments

Popular posts from this blog

Posisi Kontrol

Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum

Konsep Pengambilan dan Pengujian Keputusan

VISI : MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif

KBM IPS KELAS VII SMP

OFFROAD

KEMAKMURAN SEBUAH UTOPIS ATAUKAH KENYATAAN