Alur Merdeka
Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan. Dengan maksud agar segala unsur peradaban dan kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan sebaik-baiknya.Dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kita yang akan datang.
~ Ki Hajar Dewantara
Capaian Pembelajaran Umum
mengartikulasikan nilai-nilai dari Guru Penggerak (GP) dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
memahami dan menunjukkan kesediaan untuk mempraktikkan peran dan nilai GP.
Capaian Pembelajaran Khusus
Setelah menyelesaikan modul ini, peserta diharapkan dapat menjadi guru penggerak yang mampu:
Memahami bagaimana nilai diri bisa terbentuk dan merefleksikan pengaruhnya terhadap peran sebagai Guru Penggerak
CGP dapat membuat kesimpulan berdasarkan pengalaman dan aksi yang bisa dilakukan untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak
Membuat rencana perubahan yang akan mendukung penguatan nilai dan peran dirinya sebagai guru penggerak,
Isi Materi Modul
Modul ini akan mengeksplorasi mengapa dan bagaimana nilai-nilai diri dari seorang guru terkait dengan penumbuhan dan pelestarian budaya positif.
Alur Belajar
Mulai dari diri-CGP mengisi kuesioner dengan pertanyaan-pertanyaan yang diharapkan dapat mengungkapkan nilai-nilai diri mereka sendiri
Eksplorasi konsep-
Belajar mandiri: CGP mengakses materi Profil Pelajar Pancasila, Peran Guru Penggerak dan Nilai Guru Penggerak.
Forum diskusi tertulis: CGP menjawab pertanyaan di LMS lalu memberikan komentar mengenai hasil jawaban CGP lain.
Ruang Kolaborasi-
CGP dalam kelompok membuat kesimpulan dari hasil diskusi dalam bentuk powerpoint atau poster
CGP mempresentasikan hasil kesimpulan dan karya di pertemuan virtual (tatap maya) dengan fasilitator
Refleksi Terbimbing-
Demonstrasi Kontekstual-
Membuat secara mandiri materi komunikasi nilai-nilai yang perlu ditumbuhkan berikut tindakan konkret yang perlu dilestarikan pada diri Guru Penggerak dalam salah satu bentuk berikut: teks puisi yang dibacakan atau syair lagu yang dinyanyikan.
Elaborasi Pemahaman-
Berdiskusi dengan instruktur terkait proses pembentukan nilai dan karakter berdasarkan trapesium usia, diagram gunung es, serta cara kerja otak.
Berdiskusi dengan instruktur mengenai proses bagaimana manusia tergerak, bergerak dan menggerakkan.
Koneksi Antar Materi-
Menyusun rencana perubahan kecil yang perlu dilakukan oleh diri CGP sendiri
Membuat kesimpulan sebagai respon untuk mengaitkan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak baik dengan semua materi yang telah dipelajari dalam modul ini maupun materi modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Aksi Nyata-
Melakukan rancangan perubahan kecil yang telah dibuat pada bagian Koneksi Antar Materi
Membuat ilustrasi mengenai gambaran diri di masa depan setelah berefleksi mengenai kondisi dirinya saat ini di bagian Refleksi Terbimbing
Comments
Post a Comment
KRITIK DAN SARAN PENGEMBANGAN SITUS...