Alur Merdeka



Pendidikan adalah tempat persemaian segala benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat kebangsaan. Dengan maksud agar segala unsur peradaban dan kebudayaan tadi dapat tumbuh dengan sebaik-baiknya.Dan dapat kita teruskan kepada anak cucu kita yang akan datang.


~ Ki Hajar Dewantara



Capaian Pembelajaran Umum

mengartikulasikan nilai-nilai dari Guru Penggerak (GP) dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

memahami dan menunjukkan kesediaan untuk mempraktikkan peran dan nilai  GP.



Capaian Pembelajaran Khusus

Setelah menyelesaikan modul ini, peserta diharapkan dapat menjadi guru penggerak yang mampu:

Memahami bagaimana nilai diri bisa terbentuk dan merefleksikan pengaruhnya terhadap peran sebagai Guru Penggerak

CGP dapat membuat kesimpulan berdasarkan pengalaman dan aksi yang bisa dilakukan untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak

Membuat rencana perubahan yang akan mendukung penguatan nilai dan peran dirinya sebagai guru penggerak,



Isi Materi Modul

Modul ini akan mengeksplorasi mengapa dan bagaimana nilai-nilai diri dari seorang guru terkait dengan penumbuhan dan pelestarian budaya positif.


 Alur Belajar

Mulai dari diri-CGP mengisi kuesioner dengan pertanyaan-pertanyaan yang diharapkan dapat mengungkapkan nilai-nilai diri mereka sendiri


Eksplorasi konsep-

Belajar mandiri: CGP mengakses materi Profil Pelajar Pancasila, Peran Guru Penggerak dan Nilai Guru Penggerak.

Forum diskusi tertulis: CGP menjawab pertanyaan di LMS lalu memberikan komentar mengenai hasil jawaban CGP lain.

Ruang Kolaborasi-

CGP dalam kelompok membuat kesimpulan dari hasil diskusi dalam bentuk powerpoint atau poster

CGP mempresentasikan hasil kesimpulan dan karya di pertemuan virtual (tatap maya) dengan fasilitator


Refleksi Terbimbing-


Demonstrasi Kontekstual-

Membuat secara mandiri materi komunikasi nilai-nilai yang perlu ditumbuhkan berikut tindakan konkret yang perlu dilestarikan pada diri Guru Penggerak dalam salah satu bentuk berikut: teks puisi yang dibacakan atau syair lagu yang dinyanyikan.


Elaborasi Pemahaman-

Berdiskusi dengan instruktur terkait proses pembentukan nilai dan karakter berdasarkan trapesium usia, diagram gunung es, serta cara kerja otak.

Berdiskusi dengan instruktur mengenai proses bagaimana manusia tergerak, bergerak dan menggerakkan.


Koneksi Antar Materi-

Menyusun rencana perubahan kecil yang perlu dilakukan oleh diri CGP sendiri

Membuat kesimpulan sebagai respon untuk mengaitkan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak baik dengan semua materi yang telah dipelajari dalam modul ini maupun materi modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara


Aksi Nyata-

Melakukan rancangan perubahan kecil yang telah dibuat pada bagian Koneksi Antar Materi

Membuat ilustrasi mengenai gambaran diri di masa depan setelah berefleksi mengenai kondisi dirinya saat ini di bagian Refleksi Terbimbing

Comments

Popular posts from this blog

Posisi Kontrol

Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum

Konsep Pengambilan dan Pengujian Keputusan

VISI : MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif

KBM IPS KELAS VII SMP

OFFROAD

KEMAKMURAN SEBUAH UTOPIS ATAUKAH KENYATAAN