mulai dari diri

 RAMDAN SANI 

Refleksi Kompetensi Sosial dan Emosional
Question #1

1

Response is required
Response is required

1.a memasuki masa pandemik pembelajaran di sekolah menjadi Pembelajaran jarak jauh. Semua berlomba menggunakan teknologi sehingga pembuatan bahan ajar berupberupa video pembelajaran dibuat hampir semua guru. Siswa siswi yang ada di sekolah kami menonton video pembelajaran akan tetapi motivasi siswa semakin lama semakin berkurang akan video pembelajaran yang di buat oleh gurunya, kemudian saya berinberinisiatif menugaskan pembuatan rangkuman dengan media sederhana di buku catatan sampul putih bekas kalender yang kemudian di tugaskan hasil rangkumannya di buatkbuatkan dalam bentuk video sesuai dengan kreativitas siswa siswi sekolah kami karena pembelajaran masih dalam keadaan PHK di masa pabrik. Ternyata hasilnya membuat terharu. Bangga dan kagum akan potensi siswa siswi yang saya ajar karena hasil video siswa siswi sekolah kami yang isinya rangkuman materi BAB MATA PELAJARAN hasilnya sangat luar biasa dan hasilnya tidak kalah dengan video  media pembelajaran yang dibuat oleh guru gurunya. Ternyata mereka lebih bersemangat membuat video yang mereka sendiri terlibat pembuatan didalamnya daripada menonton hasil orang lain. Mereka lebih bersemangat dalam berkreasi belajar berlomba menghasilkan karya terbaik. Di pembelajaran yang saya mampu. Lebih banyak video hasil buatan siswa daripada hasil video pembelajaran gurunya. Semua di tampilkan di chanel you tube sebagai salah satuesatuediabelajar. Dari siswa oleh siswa dan untuk siswa itu sendiri

1.b peran sebagai Guru MAPEL di pembelajaran Darling. Di manapun belajarnya tetap saja pembelajaran berupa kegiatan mencari tahu. Dimana media/ alat  secara langsung buku. Akan tetapi media PJJ berupa HP atau laptop pengganti buku. Teknologi praktis secara tidak disadari maupun disadari telah dimasuki dan di pelajari oleh siswa siswi sekolah kami. KebahKebahagiaan MELIHAT HASIL karya mereka aku sampaikan kekaguman dan respek tinggi akan karya karya siswaku dan mereka tambah bersemangat belajar dan berkarya

1.c. potensi siswa siswi yang sangat mencengangkan dan luar biasa. Tersimpan di generasi penerus. Akan muncul ketika kita berhasil dengan tepat menggalinya dan memotivasi mereka. Lebih cepat menemukan potensi dirinya 

Question #2

2

Response is required
Response is required

2.a pembelajaran jarak jauh di masa pabrik. Sehingga salah satu alat pembantu  pembelajaran salah satunya menggunakan WA group kelas. Akan tetapi satu kelas yang isinya seharusnya 32 anak malahan menjadi 64 orang karena di wa grup bergabung orang tua siswa. Khawatir muncul kemandirian siswa dalam belajar terganggu karena kekhawatiran orang tua akan Kondisi baru PHK di masa pandemik

2.b mengkomunikasikan kepada orang tua akan kemandirian pembelajaran siswa dan kalo perlu dibuat kelompok wa group orang tua siswa terpisah dari wa group kelas. Hasilnya diterima dengan baik.

2.c komunikasi dengan baik. Akan membuka jalan positip dan membentuk komunikasi positif sehingga permasalahan bisa dicarikan solusi dan bisa terpecahkan dengan baik. Apalagi di kondisi dan suasana baru yang memerlukan pengertian dan kerja sama dari semua pihak.

Question #3

3

Response is required
Response is required

Di bawah ini ada beragam kegiatan belajar dan mengajar di kelas maupun lingkup sekolah. Berilah tanda cek (✓) pada kegiatan yang sudah pernah Anda lakukan dan jawablah pertanyaan di bawahnya.

 Memulai kegiatan setiap hari dengan kesadaran akan tujuan yang jelas.
 Memberikan kesempatan pada murid untuk menikmati buku pilihannya dalam suasana yang kondusif.
 Memberikan kesempatan pada murid untuk merefleksi proses pembelajaran yang sudah diikuti (apa yang disukai/mudah/menantang/ingin dipelajari lebih lanjut sebelum melanjutkan pembelajaran berikutnya).
 Mengisi waktu luang dengan melakukan kegiatan penyegaran/relaksasi yang sehat dan positif.
 Memberikan fleksibilitas pada murid untuk mengerjakan tugas yang disukainya terlebih dahulu.
 Memberikan kesempatan pada murid untuk mengadakan acara sekolah (literasi, seni dan olahraga, dll).
 Mendengarkan penjelasan murid yang dilaporkan terlibat dalam perilaku indisipliner dengan sikap empati dan hormat.
 Mengajak murid menonton film dan membedah perasaan dan motivasi tokoh dalam film tersebut.
 Mengajak murid berdiskusi dan beropini tentang masalah yang terjadi dalam masyarakat / sekolah.
 Mengungkapkan sikap tidak setuju pada rekan guru lain dengan sikap hormat dan empati.
 Memfasilitasi murid untuk duduk berdialog dalam menyelesaikan konflik.
 Melaksanakan program pendidikan seksualitas bagi murid.
 Berpartisipasi dalam kegiatan komunitas atas inisiatif sendiri.
 Melibatkan murid dalam membuat kesepakatan kelas agar kelas aman dan nyaman.
 Mengadakan dialog interaktif tentang bagaimana membangun tanggung jawab/etika dalam penggunaan internet.
Question #4

4

Response is required
Response is required

1. Memulai kegiatan setiap hari dengan kesadaran tujuan yang jelas karena fokus dalam belajar diperlukan kejelasan tujuan

Membuat kesepakatan bersama karena belajar harus dimulai dengan saling percaya

Merefleksikan pembelajaran MELIHAT sejauh mana mencapai tujuan pembelajaran 

Memberikan kesempatan pada muris di acara sekolah pada waktu itu sebagai staff keaiaqaan dan pelaksanaan aksi nyata pembelajaran siswa di sekolah

Question #5

5

Response is required
Response is required

Ya.  Dukungan dari unsur pimpinan serta kepercayaan dari semua fihak dan kolaborasi bersama. 

Harapan dan Ekspektasi

Question #6

6

Response is required
Response is required

Interaksi sosial di sekolah

Siswa dengan siswa siswa dengan guru

Guru dengan guru 

Dan interaksi bersama siswa. Guru dan seluruh komponen sekolah. Baik lingkungan intra sekolah maupun ekstra dan tak kalah pentingnya dengan orang tua dan instansi lainnya.

Menambah wawasan dan pengembangan diri dan pengetahuan aplikatif yang membantu tugas keseharian dalam pengembangan diri serta orang lain

Question #7

7

Response is required
Response is required

Pembelajaran sosial dan emosional merupakan hal penting sebagai salah satu kompetensi guru dalam mengembangkan diri dan orang lain

Terutama bagi pengembangan siswa siswi di sekolah. Karena bukan hanya kecakapan IQ.dan SQ akan tetapi EQ juga merupakan bekal bagi siswa mencapai kebahagian dan keselamatan dirinya dalam kehidupan bermasyarakat ke depan sehingga harapan sebagai seorang pendidik dan pengajar harapan dan ekspektasi besar ke siswa siswi menjadi orang yang baik dan terbaik bermanfaat bagi dirinya dan orang lain 

Comments

Popular posts from this blog

Posisi Kontrol

PELAJAR PANCASILA

VISI : MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

PENGGUNAAN MODUL1 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 2 KELAS VIII

3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum

3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

pemimpin pengelolaan sumber daya