Rubrik RPP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI



Rubrik RPP
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI



KEMENDIKBUDRISTEK


Aspek Nilai


Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran dideskripsikan dengan jelas dengan kalimat lengkap, dan mengandung keterangan tentang ABCD (Audience, Behavior, Condition, Degree)*

Tujuan pembelajaran dideskripsikan dengan jelas dengan kalimat lengkap dan dapat diukur.

Kegiatan Pembelajaran

● Berhubungan langsung dengan tujuan pembelajaran. ● Mendeskripsikan pengetahuan dan keterampilan yang akan dikembangkan. ● Mempertimbang kan kebutuhan belajar murid.




Penilaian Pembelajaran

● Mendeskripsikan strategi dan alat penilaian yang akan digunakan, lengkap dengan instrumennya.

● Penilaian yang dilakukan mencakup penilaian pengetahuan, keterampilan dan sikap.

● Mendeskripsikan strategi dan alat penilaian yang akan digunakan, lengkap dengan instrumennya.


*Keterangan: Proses penulisan tujuan pembelajaran dapat disederhanakan dengan mengikuti pendekatan ABCD. Dengan menggunakan pendekatan ini, Anda akan dapat menciptakan tujuan yang jelas dan efektif. A- Audience (Audiensi): Tentukan siapa yang akan mencapai tujuan. B-Behavior (Perilaku): Gunakan kata kerja tindakan (taksonomi Bloom) untuk menulis perilaku yang dapat diamati dan diukur yang menunjukkan penguasaan tujuan. C- Condition (Kondisi): Jika ada, nyatakan kondisi di mana perilaku harus dilakukan. (Pilihan) D-Degree (Kriteria kinerja): Jika mungkin, nyatakan kriteria untuk kinerja, kecepatan, ketepatan, kualitas yang dapat diterima, dll. (Opsional) Contoh: Dengan menggunakan media yang dipilihnya sendiri, murid dapat menyebutkan ciriciri makhluk hidup minimal 4.

Comments

Popular posts from this blog

Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum

VISI : MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

Konsep Pengambilan dan Pengujian Keputusan

Posisi Kontrol

model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif

KBM IPS KELAS VII SMP

Teori Kendi dan Botol

Pembelajaran Umum

OFFROAD