Rubrik RPP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Rubrik RPPPEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
KEMENDIKBUDRISTEK
Aspek Nilai
Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran dideskripsikan dengan jelas dengan kalimat lengkap, dan mengandung keterangan tentang ABCD (Audience, Behavior, Condition, Degree)*
Tujuan pembelajaran dideskripsikan dengan jelas dengan kalimat lengkap dan dapat diukur.
Tujuan pembelajaran dideskripsikan dengan jelas dengan kalimat lengkap dan dapat diukur.
Kegiatan Pembelajaran
● Berhubungan langsung dengan tujuan pembelajaran. ● Mendeskripsikan pengetahuan dan keterampilan yang akan dikembangkan. ● Mempertimbang kan kebutuhan belajar murid.
● Berhubungan langsung dengan tujuan pembelajaran. ● Mendeskripsikan pengetahuan dan keterampilan yang akan dikembangkan. ● Mempertimbang kan kebutuhan belajar murid.
Penilaian Pembelajaran
● Mendeskripsikan strategi dan alat penilaian yang akan digunakan, lengkap dengan instrumennya.
● Mendeskripsikan strategi dan alat penilaian yang akan digunakan, lengkap dengan instrumennya.
● Penilaian yang dilakukan mencakup penilaian pengetahuan, keterampilan dan sikap.
● Mendeskripsikan strategi dan alat penilaian yang akan digunakan, lengkap dengan instrumennya.
*Keterangan: Proses penulisan tujuan pembelajaran dapat disederhanakan dengan mengikuti pendekatan ABCD. Dengan menggunakan pendekatan ini, Anda akan dapat menciptakan tujuan yang jelas dan efektif. A- Audience (Audiensi): Tentukan siapa yang akan mencapai tujuan. B-Behavior (Perilaku): Gunakan kata kerja tindakan (taksonomi Bloom) untuk menulis perilaku yang dapat diamati dan diukur yang menunjukkan penguasaan tujuan. C- Condition (Kondisi): Jika ada, nyatakan kondisi di mana perilaku harus dilakukan. (Pilihan) D-Degree (Kriteria kinerja): Jika mungkin, nyatakan kriteria untuk kinerja, kecepatan, ketepatan, kualitas yang dapat diterima, dll. (Opsional) Contoh: Dengan menggunakan media yang dipilihnya sendiri, murid dapat menyebutkan ciriciri makhluk hidup minimal 4.
*Keterangan: Proses penulisan tujuan pembelajaran dapat disederhanakan dengan mengikuti pendekatan ABCD. Dengan menggunakan pendekatan ini, Anda akan dapat menciptakan tujuan yang jelas dan efektif. A- Audience (Audiensi): Tentukan siapa yang akan mencapai tujuan. B-Behavior (Perilaku): Gunakan kata kerja tindakan (taksonomi Bloom) untuk menulis perilaku yang dapat diamati dan diukur yang menunjukkan penguasaan tujuan. C- Condition (Kondisi): Jika ada, nyatakan kondisi di mana perilaku harus dilakukan. (Pilihan) D-Degree (Kriteria kinerja): Jika mungkin, nyatakan kriteria untuk kinerja, kecepatan, ketepatan, kualitas yang dapat diterima, dll. (Opsional) Contoh: Dengan menggunakan media yang dipilihnya sendiri, murid dapat menyebutkan ciriciri makhluk hidup minimal 4.
Comments
Post a Comment
KRITIK DAN SARAN PENGEMBANGAN SITUS...