Diagram Frayer
2.1.a.4.2. Unggah Tugas - Eksplorasi Konsep Modul 2.1
definisi
Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi
mengelola kelas untuk memenuhi kebutuhan murid secara individu memastikan setiap murid di kelas sukses dalam proses pembelajarannya.
ciri/ karakteristik
kategori kebutuhan belajar murid, paling tidak berdasarkan 3 aspek. Ketiga aspek tersebut adalah:
1. Kesiapan belajar (readiness) murid
2. Minat murid
3. Profil belajar murid
Diferensiasi Konten
Diferensiasi Produk
Diferensiasi Proses
Lingkungan Belajar
Scaffolding
contoh
Diagram FrayerGrafik visual yang dikembangkan oleh Dorothy Frayer untuk membantu murid dalam mendefinisikan konsep atau kosakata. Diagram ini dibagi menjadi empat bagian: definisi, karakteristik, contoh dan bukan contoh.
Diferensiasi KontenDiferensiasi konten merujuk pada strategi membedakan pengorganisasian dan format penyampaian konten. Konten adalah materi pengetahuan, konsep, dan keterampilan yang perlu dipelajari murid berdasarkan kurikulum.
Diferensiasi ProdukMerujuk pada strategi memodifikasi produk hasil belajar murid, hasil latihan, penerapan, dan pengembangan apa yang telah dipelajari.
Diferensiasi ProsesMerujuk pada strategi membedakan proses yang harus dijalani oleh murid yang dapat memungkinkan mereka untuk berlatih dan memahami isi (content) materi
bukan contoh
pembelajaran dengan menerangkan materi saja tanpa ada memperhatikan kebutuhan belajar siswa, minat dan profil siswa, conten dan proses serta prodak sama bagi semua siswa
Comments
Post a Comment
KRITIK DAN SARAN PENGEMBANGAN SITUS...