Diagram Frayer

2.1.a.4.2. Unggah Tugas - Eksplorasi Konsep Modul 2.1


 

definisi
Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi
mengelola kelas untuk memenuhi kebutuhan murid secara individu memastikan setiap murid di kelas sukses dalam proses pembelajarannya.

ciri/ karakteristik

kategori kebutuhan belajar murid, paling tidak berdasarkan 3 aspek. Ketiga aspek tersebut adalah: 

1. Kesiapan belajar (readiness) murid 

2. Minat murid 

3. Profil belajar murid 

Diferensiasi Konten
Diferensiasi Produk
Diferensiasi Proses

Lingkungan Belajar 
Scaffolding

contoh

Diagram FrayerGrafik visual yang dikembangkan oleh Dorothy Frayer untuk membantu murid dalam mendefinisikan konsep atau kosakata. Diagram ini dibagi menjadi empat bagian: definisi, karakteristik, contoh dan bukan contoh. 
Diferensiasi KontenDiferensiasi konten merujuk pada strategi membedakan pengorganisasian dan format penyampaian konten. Konten adalah materi pengetahuan, konsep, dan keterampilan yang perlu dipelajari murid berdasarkan kurikulum. 
Diferensiasi ProdukMerujuk pada strategi memodifikasi produk hasil belajar murid, hasil latihan, penerapan, dan pengembangan apa yang telah dipelajari.
Diferensiasi ProsesMerujuk pada strategi membedakan proses yang harus dijalani oleh murid yang dapat memungkinkan mereka untuk berlatih dan memahami isi (content) materi


bukan contoh

pembelajaran dengan menerangkan materi saja tanpa ada memperhatikan kebutuhan belajar siswa, minat dan profil siswa, conten dan proses serta prodak sama bagi semua siswa

Comments

Popular posts from this blog

Posisi Kontrol

PELAJAR PANCASILA

VISI : MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

PENGGUNAAN MODUL1 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 2 KELAS VIII

3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum

3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

pemimpin pengelolaan sumber daya