GTK dikdas kemendikbud


 

BUKAN PERISTIWA BUKAN KEJADIAN OBROLAN RINGAN


sumber: FB GTK diknas kemendikbud

Pada Seri Webinar GTK Dikdas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Selasa (22/6/2021), Asep Supena selaku narasumber membawakan tema tentang “Dukungan Psikososial bagi Guru Sekolah Menengah Pertama dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas” mengatakan bahwa dukungan sosial dimaksudkan supaya guru, siswa, dan orang tua bisa menjalani realitas PTM dengan penuh keyakinan dan bahagia serta efektif.Ia menggambarkan keadaan tersebut dengan sebuah mekanisme. Dalam Mekanisme dukungan psikososial dalam pembelajaran tatap muka terbatas ini disebutkan bahwa PTM itu berpotensi untuk menghadirkan kecemasan terutama bagi guru. Kecemasan itu disebabkan antara lain oleh ancaman corona, proses dan prosedur pembelajaran yang rumit, dan risiko kegagalan pembelajaran.Dari ancaman yang ada lalu muncullah solusi (coping). Coping adalah upaya untuk memberikan solusi atau mengurangi dampak guru dari situasi atau peristiwa yang dihadapi. Coping yang ditawarkan ada dua pendekatan. Yang pertama adalah problem-focused coping dan yang kedua adalah emotion-focused coping.

Comments

Popular posts from this blog

Posisi Kontrol

PELAJAR PANCASILA

VISI : MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

PENGGUNAAN MODUL1 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 2 KELAS VIII

3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum

3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

pemimpin pengelolaan sumber daya