Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif



Bukan Peristiwa Bukan Kejadian Obrolan Ringan

Bandung, Guru R Sani, 2021


Iq. Desain Universal Pembelajaran (Universal Design for Learning / UDL)

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) dirancang oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus untuk menjawab tantangan guru di SPPI agar mampu mengelola pembelajaran 


Tahap 1 

Orientasi

Pada tahap ini peserta dibekali pemahaman tentang latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur program Guru Belajar dan Berbagi seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif.

Tahap 2
Pelatihan

Pada tahap ini peserta mempelajari tentang Desain Universal Pembelajaran (Universal Design for Learning / UDL), Profil Belajar Siswa (PBS), Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif, Strategi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif, dan Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Peserta mengikuti kegiatan pelatihan dengan jumlah jam sebanyak 36 JP yang diselesaikan selama 9 (sembilan) hari. Sertifikat hanya diberikan kepada peserta yang telah mengerjakan post test dengan mendapat nilai minimal 72 dan mengisi instrumen evaluasi.

Tahap 3
Pengimbasan



Universal Design for Learning / UDL

Pada tahap peserta mempelajari tentang Desain Universal Pembelajaran (Universal Design for Learning / UDL)

Pada tahap ini, peserta yang telah mengikuti kegiatan pelatihan berbagi pengetahuan yang di dapat dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif dengan cara menuliskan hal baru / menarik apa yang didapat setelah mempelajari keseluruhan materi. Meningkatkan pengembangan diri mengenai pengetahuan dan pemahaman guru tentang Desain Universal Pembelajaran (Universal Design for Learning / UDL).

Dalam setting pendidikan inklusif, guru dihadapkan pada keragaman peserta didik baik dalam potensi, tantangan maupun kebutuhannya. Hal ini tentu saja dapat menjadi stimulus yang positif bagi guru untuk terus mengembangkan rencana pembelajaran yang dapat mengakomodasi keberagaman di kelasnya.  

Universal Design for Learning (UDL) atau desain universal untuk pembelajaran adalah sebuah kerangka pembelajaran bagi peserta didik dengan kebutuhan belajar yang beragam dan menekankan pada pembejalaran yang fleksibel, bermakna serta keterlibatan. UDL dapat dijadikan sebagai kerangka kerja bagi guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang lebih efektif di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif (SPPI).

Materi  membahas apa itu desain universal, implementasi desain universal untuk pembelajaran, konsep dasar UDL, definisi, tujuan dan prinsip-prinsip UDL. 


Evaluasi Menggunakan Model CIPPO

 

Setelah melakukan evaluasi terhadap proses pelaksanaan pembelajaran dalam setting pendidikan inklusif, anda tentu sudah menemukan gambaran secara holistik berkaitan dengan implementasi pelaksanaan pembelajaran. Anda tentu telah mendaptkan gambaran utuh tentang konteks, masukan, proses, produk, dan dampak dari pelaksanaan pembelajaran dalam setting pendidikan inklusif.

 

Pada tugas ini, anda akan melakukan refleksi terhadap hasil evaluasi pengelolaan pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif. 




Rencana Tindak Lanjut

Setelah melakukan refleksi, pastilah anda sudah memiliki gambaran tentang yang perlu anda lakukan sehingga terjadi peningkatan dalam proses penyelenggaraan pembelajaran di kelas inklusif.

Rencana Tindak Lanjut dimaksudkan sebagai panduan untuk anda dalam menentukan rencana strategis yang terukur dan dijadikan sebagai acuan untuk dilakukan perbaikan-perbaikan terhadap pelaksanaan pembelajaran dalam setting pendidikan inklusif.

 #GBBPPSPPI #GuruBelajar #PendidikanInklusif#

GBBPPSPPI #PendidikanInklusif

https://gurursani.blogspot.com/2021/09/seri-pengelolaan-pembelajaran-di.html

Comments

Popular posts from this blog

Posisi Kontrol

PELAJAR PANCASILA

VISI : MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

PENGGUNAAN MODUL1 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 2 KELAS VIII

3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum

3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

pemimpin pengelolaan sumber daya