PENGGUNAAN MODUL1 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 2 KELAS VIII



 KELAS VIII IPS GURU R SANI


Kegiatan Belajar dan Mengajar masih Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh dengan program Merdeka belajar dari Kemendikbudristek maka konektivitas antara pembelajaran Singkron yaitu pembelajaran tatap muka siswa dan guru baik secara Daring Maupun Secara Luring dengan Pembelajaran Asingkron yaitu pembelajaran mandiri siswa dengan prinsif merdeka belajar siswa siswi bisa melaksanakan pembelajaran diluar waktu Singkron dengan memanfaatkan Modul pembelajaran Yang telah di persiapkan oleh Kemendikbudristek untuk membantu guru dan siswa menjaga kualitas dan Kuantitas dalam Pembelajaran.

MARILAH KITA MERDEKA BELAJAR DENGAN MENGERJAKAN MODUL SEMOGA BERMANFAAT BAGI SISWA SISWI DALAM PEMBELAJARAN ASINKRON



Hak Cipta © 2020 pada Direktorat Sekolah Menengah Pertama

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan

Pendidikan Menengah - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Dilindungi Undang-Undang

Pengarah:

Drs. Mulyatsyah, MM

(Direktur Sekolah Menengah Pertama)

Penanggung jawab:

Dra. Ninik Purwaning Setyorini, MA

(Koordinator Bidang Penilaian)



Modul 1

WAJAH NEGARA-NEGARA ASEAN

Penulis:

Tri Worosetyaningsih, M.Pd. (SMPN 2 Pakem, Sleman, DI Yogyakarta)

Penelaah:

Dr. Supardi, M.Pd. (Universitas Negeri Yogyakarta)



PEMBELAJARAN 2


A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajara modul ini, diharapkan ananda dapat

Menganalisis persamaan dan perbedaan antar negara anggota ASEAN


B. Peran Guru dan Orang Tua

1. Peran Guru

a. Bekerjasama dengan orang tua siswa dalam pembelajaran di rumah

b. Memberikan tugas-tugas sesuai dengan kemampuan siswa

c. Memberikan penilaian dan umpan balik untuk tugas tugas yang diberikan

kepada siswa

2. Peran Orang Tua

a. Mengingatkan anak untuk mempelajari modul

b. Membimbing anak untuk mempelajari modul

c. Membantu dan mendampingi anak dalam mengerjakan tugas tugas yang

diberikan guru

d. Mengontrol anak dalam belajar

e. Mengingatkan anak untuk mengerjakan tugas tugas sesuai dengan

petunjuk guru


Pembelajaran 2


C. Aktivitas Pembelajaran


Membaca Teks

Negara ASEAN terdiri dari 10 Negara, yang sebagian besar berbentuk

pemerintahan Republik. Negara anggota ASEAN sebagian merupakan negara

kepulauan, Apakah Ananda pernah membayangkan bagaimana kondisi alam

yang ada di negara-negara ASEAN? Mayoritas penduduk ASEAN

bermatapencaharian di bidang pertanian, Apakah ananda ingin tahu bagaimana

karakteristik dari penduduk dan perekonomiannya? Pada materi kali ini kita akan

membahas mengenai pemerintahan, kondisi alam dan karakteristik penduduk

ASEAN yang beranekaragam.


1. Pemerintahan

ASEAN di Indonesia sering pula disebut sebagai PERBARA atau Persatuan

Bangsa-bangsa Asia Tenggara. ASEAN sendiri didirikan pada tanggal 1967

dengan berdasar pda Deklarasi Bangkok. Negara yang tercatat sebagai

Aktivitas Menganalisis persamaan dan perbedaan antar negara anggota ASEAN

Sumber: https://sindunesia.com/peta-asean


Gambar 1.2 Peta Negara-negara ASEAN

pelopor ASEAN antara lain Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina dan

terakhir Thailand. Bagaimana dengan bentuk pemerintahan negara anggota

ASEAN? Perhatikan tabel di bawah ini!


Tabel 1.1 Bentuk Pemerintahan Negara Anggota ASEAN

No        Nama Negara        Ibu kota                                Bentuk Pemerintahan                KepalaPemerintahan

1.         Indonesia                Jakarta                                Republik                                          Presiden

2. Malaysia                        Kuala Lumpur                     Monarki konstitusi                          Perdana menteri

3. Brunei Darussalam        Bandar Seri Begawan          Kesultanan                                      Sultan

4. Filipina                            Manila                                Republik                                         Presiden

5. Kamboja                        Phnom Penh                        Republik                                          komunisPerdana menteri

6. Laos                                Vientiane                            RepublikKomunis                            Perdanamenteri

7. Myanmar                        Yangon                                Republik                                          PerdanaMenteri

8.Singapura                        Singapura                            Republik                                          PerdanaMmenteri

9. Thailand                          Muang Thai                        KerajaanKonstitusional                   PerdanaMenteri

10. Vietnam                         Hanoi                                  Republik Komunis                          Perdanamenteri


Sumber https://www.google.com/

2. Keadaan Alam

Kawasan Asia Tenggara terdiri atas daratan utama (mainland) dan pulau-pulau

yang berdekatan dengannya. Daratan utamanya berbentuk semenanjung yang

dikenal dengan sebutan Indo-Cina. Bentang alam yang umum tampak di kawasan

Asia Tenggara adalah pegunungan, perbukitan, dataran tinggi, dan dataran rendah.

Apakah ananda ingin tahu pegunungan di ASEAN? Asia terletak pada pertemuan

lempeng-lempeng tektonik. Ini membuat aktivitas seismik dan gunung api sangat

tinggi. Gugusan kepulauan di Asia Tenggara mulai dari Indonesia, Filipina, hingga

daratan Indo-China, dipenuhi gunung. Bagaimana dengan lautnya? Kawasan Asia

Tenggara diapit Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Bentuknya yang berupa

gugusan kepulauan membuat banyak laut di antara negara-negara di Asia Tenggara.

Beberapa laut yang ada yakni:

• Laut Cina Selatan dikelilingi Vietnam, Thailand, Kamboja, Filipina, Malaysia,

Indonesia, Brunei dan Singapura.(Dangkalan Sunda dan Palung Cina) Laut

Sulawesi antara Filipina Selatan (Mindanao) dan Sabah (Malaysia)

• Laut Banda dikelilingi Sulawesi Tenggara, NTT, dan Pulau Atauro (Timor

Leste) Laut Sulu antara Sabah (Malaysia), Kepulauan Sulu, Pulau Palawan, dan

Mindanao (Filipina)


Sumber: https://www.google.com/search?q=peta+ASEAN


Gambar 1. 3 Peta Asia Tenggara

• Teluk Thailand

• Selat Karimata

• Selat Malaka


3. Keadaan Penduduk

Bagaimanakah keadaan penduduk diAsia Tenggara? Tentunya ananda pingintahu. Macam-Macam Ras di AsiaTenggara - Menurut A. L Kroeber, sukubangsa yang tinggal di kawasan AsiaTenggaramerupakan keturunan dari duaras, yaitu sebagai berikut. 


a. Ras Negroid,yang menempati Semenanjung Melayudan wilayah Negara Filipina. 


b. RasMongoloid, yang menempati KepulauanIndonesia, Malaysia, dan Filipina.Kawasan Asia Tenggara dihuni oleh banyak suku bangsa. 


Ikatan kuat masihterpelihara di antara anggota suku meskipun dipisahkan oleh batas wilayah negara.Sebagai contoh, suku Vietnam selain menetap di negara Vietnam, juga berada diKampuchea, Laos, dan Thailand. Suku Thai di Thailand masih berhubunganerat dengan suku Shan di Myanmar. 


Suku-suku bangsa mayoritas di setiap negara adalah

Jawa (Indonesia),Melayu dan orang asli (Malaysia), Tionghoa (Singapura), Melayu(Brunei Darussalam), Filipino (Filipina), Thai (Thailand), Burma (Myanmar), Lao(Laos), Khmer (Kampuchea), dan Vietnam (Vietnam). 


Jumlah dan kepadatanpenduduk berbeda-beda di setiap negara. Singapura adalah negara terpadatpenduduknya (6.666 jiwa/km²), sebaliknya Brunei Darussalam adalah negaraterjarang penduduknya (71 jiwa/km²) di kawasan Asia Tenggara.


Bagaimana dengan bahasa yang digunakanpenduduk di kawasan AsiaTenggara? Banyak bahasa digunakan di kawasan Asia Tenggara. Beberapa bahasa diantaranya adalah bahasa Melayu, Thai, Filipino, Cina (Mandarin), dan Inggris.Beberapa bahasa digunakan sebagai bahasa resmi. Sebagai contoh, bahasa Vietnam

Sumber:


https://www.google.com/search?q=ras+penduduk+asean&tbm


Gambar 1.4 Ras Mongoloid


merupakan bahasa resmi di negara Vietnam. Bahasa Thai merupakan bahasa resmidi negara Thailand. Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi di negara Indonesia.Bahasa resmi tersebut juga digunakan untuk komunikasi antarkelompok atau sukubangsa yang berbeda di suatu negara. Bahasa asing Inggris juga digunakan di AsiaTenggara sebagai warisan peninggalan kolonial negara Barat. Saat ini, bahasa Inggrisdigunakan secara luas sebagai bahasa perdagangan dan bisnis di banyak negara diAsia Tenggara.


Penduduk Asia Tenggara menganut berbagai agama dan kepercayaan.Sebagian besar orang Myanmar, Thailand, Laos, Kampuchea, dan Vietnam beragamaBuddha. Agama Islam dianut penduduk Indonesia (90%), Malaysia, sebagianpenduduk Filipina Selatan, serta sebagian penduduk Thailand Selatan. Suku bangsaCina di Asia Tenggara menganut agama Konghucu, Buddha, Taoisme, Kristen, danpemujaan roh. Di Filipina mayoritas penduduknya beragama Kristen akibat pengaruhpenyebaran agama Katolik oleh bangsa Spanyol. Agama Katolik juga dianut penduduk Vietnam meskipun jumlahnya hanya 10%.

4. Perekonomian

Kebanyakan ekonomi negara-negara di Asia Tenggara masih digolongkankepada negara berkembang, hanya Singapura yang digolongkan ke dalam negaramaju. Ekonomi kawasan Asia Tenggara masih banyak tergantung pada hasil alam,dengan pengecualian Singapura. Dengan pembentukan kawasan perdagangan bebas Asia Tenggara oleh negara-negara ASEAN diharapkan dapat  mempercepat

pertumbuhan ekonomi di kawasan ini. 

Berbagai kegiatan pendudukAsiaTenggara dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jenis kegiatan penduduk antaralain di bidang pertanian, perikanan, kehutanan, pertambangan, industri, dankerajinan.


a. Kegiatan Pertanian


Kawasan Asia Tenggara merupakan kawasan pertanian yang penting. Lebihdari 50% penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Sebagian besarpenduduk di negara-negara Asia Tenggara bekerja di bidang pertanian, kecualiMalaysia (< 40%), serta Brunei Darussalam dan Singapura (<10%).


Sumber: https://www.google.com/search?q=mata+pencaharian+pertanian+asean

Gambar 1.5 Mata pencaharian Penduduk


a. Kegiatan Perikanan


Penduduk Asia Tenggara banyak yang tinggal di dekat sungai dan danau, serta sepanjang pantai. Kegiatan penduduk di daerah tersebut umumnya sebagainelayan atau peternak ikan. Ikan merupakan sumber makanan berprotein pentingbagi penduduk Asia Tenggara. Ada dua jenis perikanan di Asia Tenggara, yaituperikanan darat dan perikanan laut. Perikanan darat dilakukan di sungai, danau,

kolam, dan sawah. Kegiatan perikanan darat di danau banyak dilakukanpenduduk di Danau Tonle Sap, Kamboja. Perikanan laut dilakukan di laut bebas.Nelayan memiliki perahu penangkap ikan denganjaring. Jaring jenis pukat  harimau (trawl).


b. Pertambangan


Berbagai jenis bahan tambang terdapat di kawasan Asia Tenggara. 

ApakahAnanda sudah tahu hasil tambang dari negara-negara di Asia Tenggara? agar

Ananda jelas, perhatikan tabel berikut ini!


Sumber:

https://www.google.com/search?q=mata+pencaharian+perikanan+asean


Gambar 1.6 Potensi Perikanan di Asia Tenggara


Tabel 1.2 Hasil Tambang Negara Anggota ASEAN


Sumber https://www.google.com/search?q=hasil+tambang+asean


Bahan tambang penting seperti minyak bumi, batu bara, dan tembaga diusahakanoleh industri pertambangan. Penduduk juga dapat melakukan kegiatan penambanganemas, timah, batu bara, dan minyak bumi dalam skala kecil. Di Indonesiapenambangan rakyat dilakukan penduduk Bangka untuk mendapatkan timah. DiKalimantan Barat dan Papua penduduk menambang emas dengan cara didulang.


c. Pembalakan


Kawasan Asia Tenggaramemasok kayu tropis kebutuhandunia. Jenis pohon sepertimahoni, eboni, ulin, dan jatitumbuh di hutan hujan tropisAsia Tenggara. Kegiatanpembalakan dilakukan untuk

mendapatkan kayu hutan.Industri pembalakan (logging)mempekerjakan banyakpenduduk. Sebagian besar hasil kayu, baik gergajian dan gelondongan dieksporke Jepang dan Amerika Serikat.


d. Kegiatan Industri


Di kawasan Asia Tenggaraterdapat banyak industri yangmenghasilkan berbagai jenisbarang. Industri menyerapbanyak tenaga kerja. Industribesar seperti pabrik mobildan elektronik membutuhkan

tenaga kerja yang ahli danterampil. Industri kecil sepertiindustri kerajinan banyak

dilakukan penduduk Asia Tenggara. Sebagai contoh, kerajinan tikar dan tas anyaman dilakukan penduduk Filipina, kerajinan payung dilakukan pendudukThailand, serta kerajinan batik dan ukiran dilakukan penduduk Indonesia. Hasilkerajinan dapat dijadikan suvenir dan dijual kepada wisatawan. Apakah anandamasih ingat kerjasama di bidang industri di negara Aggota ASEAN? Kerja sama

di sektor industri dilakukan melalui ASEAN Industrial Cooperation (AICO).


Sumber: https://www.google.com


Gambar 1.8 Pabrik pupuk, PT ASEAN Aceh Fertilezer (AAF)


Sumber:

google.com/search?q=pembalakan++asean


Gambar 1.7 Pembalakan Liar di Indonesia


Beberapa proyek industri yang dilakukan oleh ASEAN meliputi industri pupuk

yang ada di Aceh-Indonesia dan Malaysia. Kemudian pabrik industri tembaga di

Filipina, produksi vaksin di Singapura, dan abu soda di Thailand.


Mengerjakan Tugas

1. Amati Video yang ada pada di youtube


https://www.youtube.com/watch?v=TCW5K-N5Isw


Setelah ananda mengamati video, baca buku paket BSE IPS SMP kelasVIII halaman 7 sampai 43 atau buku referensi tentang mengenal negara-negaraASEAN. Lakukan identifikasi karakteristik masing-masing negara ASEAN.

Agar lebih paham buatlah sketsa peta masing masing negara ASEAN dengan petunjuk sebagai berikut

a. Sediakan 10 lembar kertas HVS beserta pewarna.

b. Gambar masing masing negara anggota ASEAN pada kertas HVS tersebut.Jangan lupa syaratdalammebuat peta (ekuivalen, ekuidistan dan conform)beserta komponen harus diperhatikanseperti garis tepi, garis astronomis,judul, skala, petunjuk arah, legenda, sumber dan tahun pembuatan peta,inser jika ada.

c. beri warna sesuai kondisi alam negaranya.


2. Lakukan identifikasi persamaan dan perbedaan masing masing negara anggotaASEAN terkait Pemerintahan, keadaan alam, keadaan penduduk, dan perekonomian. Agar lebih jelas isi kolom di bawah ini.


3. Setelah ananda melakukan analisis persamaan dan perbedaan dari karakteristik negara ASEAN tersebut, kira-kira potensi sumber daya alam apa yang bisadikembangkan di negara-negara anggota ASEAN?


4. Buatlah mind mapping salah satu negara anggota ASEAN dengan petunjuk sebagai berikut:

a. Siapkan 1 lembar kertas manila, sepedol warna atau pewarna lain

b. Siapkan buku paket BSE halaman 3 sampai 5 atau buku referensi lain

c. Tentukan negara yang akan dibuat peta konsep

d. Pastikan tema utama terletak ditengah-tengah (Nama Negara).

e. Dari tema utama, tentukan cabang utama yang masih berkaitan dengan temautama.(letak dan luas, iklim, pemerintahan, keadaan alam, perekonomiandan peran negara terhadap ASEAN)

f. Tentukan Sub Topik sebagai “ranting” yang diambil dari cabang utama.

g. Secara kreatif gunakan gambar, simbol, kode, dan dimensi seluruh peta pikiran Anda.

h. Gunakan garis untuk menghubungkan antara Topik Sentral dengan Topik Utama dan Sub Topik.

i. Kembangkan Mind Map sesuai gaya Anda sendiri.Selesai mengerjakan tugas maka hasilnya bisadikirim ke guru lewat WhatsApp atau email yang diberikan guru.


D. Latihan

1. Jelaskan latar belakang terbentunya ASEAN?

2. Identifikasi persamaan dan perbedaan negara-negara anggota ASEAN!

3. Identifikasi persamaan dan perbedaan negara Indonesia dan Malaysia!

4. Jelaskan keadaan alam ASEAN!

5. Identifikasi suku bangsa yang dominan di ASEAN?


E. Rangkuman

Setiap negara pasti memiliki karakteristik sendiri-sendiri yang berbeda

dengan negara lainnya dalam satu kawasan. Karena karakteristik perbedaan dan

kesamaan itu dibutuhkan kerjasama antar negara. Berikut gambaran karakteristik

persamaan dan perbedaan antar negara ASEAN.


Persamaan

Perbedaan

• Negara Negara ASEAN dilihatberdasarkan letak astronomis,memiliki iklim yang sama yaituberiklim tropis.

• Sumber Daya alam yang dimilikinegara negara ASEAN adalahcenderung sama seperti jahe, karet,kopi, teh, kelapa sawit, biota laut yangberlimpah, kemudian hasilpertambangan yang banyak pula.

• Berdasarkan mata pencahariannyanegara negara ASEAN yaitu sepertibertani, berkebun, pertambangan,nelayan.


o Ditinjau dari bentuk pemerintahannya,terdapat perbedaan beberapa negaraASEAN. ada yang berbentuk kerajaanseperti negara Thailand, BruneiDarussalam dan Malaysia. Sedangkan yanglainnya berbentuk Republik (negarakesatuan). Negara yang berbentuk kerajaandipimpin oleh raja sedangkan yangberbentuk negara kesatuan dipimpin olehpresiden sebagai kepala negara.

o Kemudian ditinjau dari bahasa resmi yangdigunakan. Setiap negara memiliki bahasaresminya sendiri.

o Setiap negara ASEAN memiliki suku yangberbeda beda.


• Mayoritas penduduk setiap negara ASEANmenganut agama yang berbeda beda.Adanya perbedaan dan persamaan tersebut maka diperlukan saling menghargai antar anggotanya.


F. Refleksi

Apakah Ananda sudah melakukan aktivitas pembelajaran dengan cukupbaik? Apakah ananda sudah mengetahui manfaat dari materi yang di pelajari ini?.nilai nilai karakter apasaja yang bisa diambil dari mempelajari materi? Dalammodul ini terdapat beberapa aktivitas yang harus dikerjakan. Dalam mengerjakanaktivitas sebaiknya Ananda harus menyesuaikan dengan uraian materi dariberbagai sumber yang ada termasuk dengan mencari di internet.Bagian Latihan/tugas merupakanbagiandaripembelajaran menggunakanmodul ini. 


Silakan periksa hasil pengerjaan latihan/tugas dengan kunci jawabanyang ada di bagian belakang modul ini.Jika Ananda dapat memahami sebagian besar materi, melaksanakanaktivitas sesuai arahan guru dan dapat menjawab dengan baik latihan/tugas yangdiberikan guru, maka Ananda dapat dianggap menguasai kompetensi yangdiharapkan. 


Namun jika tidak atau Ananda merasa masih belum optimal, silakandipelajari kembali dan berdiskusi dengan teman untuk memantapkanpemahamandanmemperoleh kompetensi yang diharapkan. Setelah Ananda telah dapatmenguasaikompetensi pada kegiatan pembelajaran ini, maka silakan hasilnyabisa di serahkan ke guru bisa lewat wahatsApp, email atau secara langsung danananda bisa berlanjut pada kegiatan pembelajaran selanjutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Posisi Kontrol

PELAJAR PANCASILA

VISI : MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum

3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

pemimpin pengelolaan sumber daya