Kegiatan Belajar dan Mengajar masih Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh dengan program Merdeka belajar dari Kemendikbudristek maka konektivitas antara pembelajaran Singkron yaitu pembelajaran tatap muka siswa dan guru baik secara Daring Maupun Secara Luring dengan Pembelajaran Asingkron yaitu pembelajaran mandiri siswa dengan prinsif merdeka belajar siswa siswi bisa melaksanakan pembelajaran diluar waktu Singkron dengan memanfaatkan Modul pembelajaran Yang telah di persiapkan oleh Kemendikbudristek untuk membantu guru dan siswa menjaga kualitas dan Kuantitas dalam Pembelajaran.
MARILAH KITA MERDEKA BELAJAR DENGAN MENGERJAKAN MODUL SEMOGA BERMANFAAT BAGI SISWA DAN SISWI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH ASINKRON
MODUL 2
PERUBAHAN AKIBAT INTERAKSI ANTARRUANG
Penulis:
Edi Sumardi, M.Pd.
(SMPN 130 Jakarta)
Penelaah:
I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., MA
(Universitas Negeri Malang)
MODUL 2
PERUBAHAN AKIBAT INTERAKSI ANTARRUANG
Ruang di permukaan bumi memiliki karaktristik baik bentuk, fungsi, dan kondisi fisik yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut menciptakan hubungan saling membutuhkan sehingga terjadi interaksi antarruang. Interaksi antarruang dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti pergerakan orang, barang, gagasan dan informasi. Semua pergerakan tersebut menimbulkan perubahan, baik bagi daerah tujuan maupun daerah asal. Materi ini penting agar ananda dapat memahami perubahan akibat interaksi antarruang kemudian dapat berperilaku bijak memberi solusi bagi kehidupan.
Gambar 2.1 Alih Fungsi Lahan
PEMBELAJARAN 1
BERKEMBANGNYA SARANA, PRASARANA, DAN PUSAT PERTUMBUHAN\
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks, Ananda dapat menjelaskan dampak perubahan interaksi antrruang.
2. Setelah melakukan observasi, Ananda mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk Interaksi antarruang.
3. Setelah melakukan observasi, Ananda mampua menjelaskan perkembangan sarana, prasana, dan pusat pertumbuhan.
4. Setelah melakukan analisis, Ananda mampu menyimpulkan pusat-pusat pertumbuhan
5. Setelah melakukan analisis, Ananda mampu merumuskan faktor-faktor pusat pertumbuhan
B. PERAN GURU DAN ORANG TUA
Peran Guru
1. Menyiapkan bahan ajar tentang perubahan akibat interaksi antarruang
2. Melaksanakan pembelajaran dengan memandu siswa melaksanakan aktivitas pembelajaran
3. Melakukan monitoring dan penilaian pembelajaran
4. Berkomunikasi secara efektif dengan orang tua
5. Memberi umpan balik tugas-tugas pada siswa
Peran Orang Tua
1. Memastikan siswa siap untuk belajar dengan kelengkapan
peralatan dan Bahan ajar
2. Mendampingi siswa dan membantu menyelesaikan tugas tugas
3. Berkomunikasi secara efektif kepada guru apabila terdapat kesulitan belajar di rumah
4. Mendampingi siswa menyerahkan tugas-tugas kepada guru
C. AKTIVITAS PEMBELAJARAN
AKTIVITAS 1.1
Menjelaskan Dampak Perubahan Interaksi AntarruangTerjadinya pergerakan orang, barang, dan informasi memerlukan sarana dan prasarana.
Pembangunan sarana dan prasarana akan semakin meningkat dengan meningkatnya pergerakan tersebut. Kendaraan, jalan, fasilitas umum, pusat-pusat perdagangan, dan lain-lain terus bertambah dengan semakin meningkatnya interaksi keruangan.
Pergerakan orang, barang dan jasa pada suatu lokasi tertentu akan menimbulkan pemusatan aktivitas manusia pada lokasi tujuan. Pemusatan aktivitas penduduk tersebut kemudian membentuk daerah perkotaan. Daerah perkotaan merupakan pusat
pertumbuhan suatu wilayah karena sebagian besar aktivitas terkonsentrasi di wilayah perkotaan. Jadi, pergerakan orang sebagai
bentuk interaksi keruangan menimbulkan perubahan. Berbagai
perubahan akibat interaksi keruangan yaitu sebagai berikut. Berkembangnya pusat-pusat pertumbuhan, perubahan penggunaan
lahan, perubahan orientasi mata pencaharian atau pekejaan, berkembangnya sarana dan prasaran, perubahan sosial budaya, dan perubahan komposisi penduduk.
Gambar 2. 2 Angkutan massal MRT (Mass Rapid Transit) di Jakarta
Sesuai namanya MRT adalah sarana angkutan yang dapat mengangkut penumpang dalam jumlah besar secara cepat. MRT yang merupakan suatu sistem transportasi perkotaan memiliki kriteria utama yaitu, daya angkut besar, cepat (waktu tempuh cepat dan frekuensi tinggi), dan transit (berhenti di banyak stasiun di titik utama perkotaan). Saat ini baru tersedia di Jakarta dan Sumatra Selatan, Namunpengaruh sarana transpostasi ini sangat besar dalam meningkatkan interaksi antarruang dengan daerah
sekitar Jakarta yaitu Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Berdasarkan wacana tersebut interaksi antarruang akibat perubahan sarana dan prasarana maka bentuk interaksi antarruang yang terjadi adalah;
Tabel 1. Bentuk Interaksi Antarruang
Bentuk Interaksi Antarruang
Keterangan
Mobilitas sosial interaksi antarruang yang terjadi dalam bentuk pergerakan manusia, dalam hal ini penduduk Jakarta dengan penduduk sekitar Jakarta mencakup Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
Komunikasi interaksi antarruang yang terjadi melalui perpindahan gagasan dan informasi, baiklangsung melalui pergerakan manusia maupun tidak langsung dengan sarana komunikasi yaitu telepon, Hp, maupun melalui media sosial.Transportasi interaksi antarruang yang terjadi melalui perpindahan barang atau energi. Sarana transportasi di Jakarta dan sekitarnya sangat beragam dan modern terutama
transportai darat, yaitu; Bus, Taksi, Kereta api, KRL, MRT, LRT, dan ojeg online.
Untuk mendapatkan pemahaman materi lebih dalam silahkan Ananda baca buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VII, Kemdikbud, 2016. Halaman 75-78 Silahkan Ananda jelaskan akibat interaksi antarruang dengan mengisi tabel berikut.
Dampak Perubahan Interaksi antarruang Penjelasan
Berkembangnya pusatpusat pertumbuhan,.………………………………………………………..
Perubahanpenggunaanlahan………………………………………………………..………………
Perubahanbidangpekerjaan………………………………………………………..………………
Perubahan sosial budaya………………………………………………………..............................
Berkembangnya sarana, rasaran………………………………………………………...................
Perubahan komposisi penduduk………………………………………………………..................
AKTIVITAS 1.2
Menjelaskan Perkembangan Sarana dan Prasarana
Sarana adalah alat yang dapat digunakan untuk melancarkan atau memudahkan manusia dalam mencapai tujuan tertentu. Sarana dapat berbentuk benda bergerak dan tidak bergerak dan umumnya berbentuk kecil dan bisa dipindah-pindah.
Sedangkan prasarana adalah penunjang dan umumnya merupakan fasilitas yang tidak bergerak, misalnya gedung sekolah, lapangan, jembatan, jalan, Pelabuhan, dan masih banyak lagi contoh lainya.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah merambah berbagai macam bidang kehidupan termasuk bekerjasama dengan bidang yang sebelumnya tidak berhubungan yaitu teknogi informasi dengan transportasi dan penjualan, kemudian kita mengenal ojek online dan belanja online.
Nah silahkan jelaskan yang Ananda ketahui tentang ke dua bidang tersebut
(Ojek online dan Belanja online) !
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
Berikan kesimpulan Ananda akibat adanya ojek online dan belanja onlinebagi interaksi antarruang !
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
AKTIVITAS 1.3
Menganalisis Pusat-pusat PertumbuhanPusat pertumbuhan merupakan wilayah atau kawasan yang
pertumbuhannya pesat, Sehingga dijadikan pusat pembangunan yang dipengaruhi kawasan-kawasan lain di sekitarnya. Dengan adanya kawasan yang dijadikan sebagai pusat pertumbuhan, diharapkan kawasan- kawasan di sekitarnya ikut maju. Wilayah yang menjadi pusat pertumbuhan dapat mendorong wilayah lain yang berada di daerah sekitarnya.
Gambar 2.3 Jakarta tempo dulu dan sekarang
Pusat pertumbuhan yang muncul di suatu wilayah akan meningkatkan kegiatan perekonomian di wilayah itu. Selain itu wilayah pusat pertumbuhan cenderung memiliki penduduk yang
semakin padat yang akan menarik banyak tenaga kerja. Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi perkembangan dalam wilayah pusat pertumbuhan, antara lain:Lokasi, Sumber daya alam,
Sumber daya manusia,Topografi/ bentuk Fasilitas penunjang, Industri, Sosial budaya masyarakat
Setelah mengetahui pengaruh pusat pertumbuhan pada bidang ekonomi dan sosial, silahkan Ananda identifikasi ke dalam tabel berikut:
Pengaruh Pusat Pertumbuhan
Bidang Keterangan
Ekonomi 1. Industri berkembang pesat
2. Pendapatan masyarakat meningkat
3. ……………………………………………….
4. ……………………………………………….
5. ……………………………………………….
Sosial 1. Perubahan sistem mata pencaharian
2. Terbukanya wawasan masyarakat
3. ……………………………………………….
4. ……………………………………………….
5. ……………………………………………….
AKTIVITAS 1.4.
Merumuskan Faktor-Faktor Pusat Pertumbuhan
Faktor Penjelasan
Lokasi ………………………………………………………….
Sumber daya alam ………………………………………………………….
Sumber daya Manusia ………………………………………………………….
Bentuk permukaan bumi ………………………………………………………….
D. LATIHAN
Setelah Ananda membaca teks dan mengidentifikasi jua meng analisa, kerjakan latihan ini
1. Perubahan apa saja yang terjadi akibat interaksi antarruang ?
2. Faktor apa saja yang memengaruhi pusat pertumbuhan !
3. Apa akibat interaksi antarruang dalam penggunaan lahan ?
4. Jelaskan dampak positif interaksi antarruang dalam bidang ekonomi ?
5. Apa dampak interaksi antarruang di bidang pendidikan?
E. RANGKUMAN
Ruang di permukaan bumi memiliki karaktristik baik bentuk, fungsi, dan kondisi fisik yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut menciptakan hubungan saling membutuhkan sehingga terjadi interaksi antarruang.
Terjadinya pergerakan orang, barang, dan informasi memerlukan sarana dan prasarana. Pergerakan orang, barang dan jasa pada suatu lokasi tertentu akan menimbulkan pemusatan aktivitas manusia pada lokasi tujuan.
Pemusatan aktivitas penduduk tersebut kemudian membentuk daerah perkotaan.Pusat pertumbuhan merupakan wilayah atau kawasan yang pertumbuhannya pesat, Sehingga dijadikan pusat pembangunan yang dipengaruhi kawasan-kawasan lain di sekitarnya.
Pusat pertumbuhan yang muncul di suatu wilayah akan meningkatkan kegiatan perekonomian di wilayah itu. Selain itu wilayah pusat pertumbuhan cenderung memiliki penduduk yang semakin padat yang akan menarik banyak tenaga kerja.
F. REFLEKSI
Setelah Ananda melaksanakan aktivitas pembelajaran tersebut, tuliskan hal-hal sebagai berikut:
1. Pengetahuan tentang apa saja yang Ananda peroleh setelah Melaksanakan proses belajar?
2. Sikap apa saja yang dapat Ananda kembangkan setelah belajar materi tersebut?
3. Hal-hal apa yang menurut Ananda sulit dikuasai dalam mempelajari Materi ini?
Informatif dan bermanfaat.
ReplyDeleteamin, terima kasih
ReplyDelete