KBM IPS KELAS VIII SMP

 


KELAS VIII


 BAB I    INTERAKSI KERUANGAN DALAM KEHIDUPAN DI NEGARA NEGARA ASEAN

BAB II    PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

BAB III   KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTAR RUANG DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI, SOSIAL, BUDAYA DI INDONESIA

BAB III   KEUNGGULAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN DAN TUMBUHNYA SEMANGAT KEBANGSAAN


Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Bandung, Guru R. Sani, 2021

IPS

Tahun ajaran baru dimulai bulan juli sampai dengan bulan juli kembali menggenapi satu tahun, dalam prosesnya terbagi menjadi 2 Semester, dimana semester satu dimulai bulan juli sampai awal januari akan melewati perkiraan PTS semester 1 di bulan  september dan PAS di bulan desember. Semester dua mulai bulan januari sampai juli melewati perkiraan PTS di bulan maret dan PAS di bulan juli.

Setiap akhir tahun akan diikuti oleh kegiatan besar diantaranya:

Masuknya siswa baru kelas VII

Naik kelasnya kelas VII ke kelas VIII dan kelas VIII ke kelas IX

Lulusnya kelas IX meneruskan ke jenjang pendidikan menengah.

     Selamat kepada siswa baru yang telah berhasil masuk ke kelas VII, selamat kepada siswa-siswi kelas VII dan VIII yang berhasil naik kelas, selamat kepada siswa-siswi kelas sembilan yang telah masuk ke pendidikan menengah, semoga awal tahun pelajaran menjadi semangat baru dalam meraih prestasi.

     Kegiatan Belajar Dan Mengajar semakin berkembang pesat dengan masuknya era digital, sehingga pembelajaran konvensional mau tidak mau harus mengikuti perkembangan globalisasi, kemajuan jaman secara sosial merupakan peningkatan kebudayaan manusia yang berusaha ke arah kebaikan.

     Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus di ikuti di pindidikan dasar, sebagai dasar pengetahuan humaniora kedepan yang semakin komplek. IPS hasil dari penggabungan 4 mata pelajaran diantaranya, Geografi, Sosiologi, Ekonomi dan Sejarah.

     Geograpi mempelajari dasar-dasar keruangan tempat manusia hidup, Sosiologi mempelajari dasar-dasar bagaimana manusia berinteraksi dalam kelompoknya, Ekonomi mempelajari dasar-dasar bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya dan Sejarah mempelajari dasar-dasar masa lalu kehidupan manusia yang benar benar terjadi dipadukan dalam Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu.

     Mari kita awali pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Penggunaan Teknologi Terapan baik dengan penggunaan smartphone maupun komputer...


 I. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

Sumber: kemendikbud

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu 

(1) kompetensi sikap spiritual,

(2) sikap sosial,

(3) pengetahuan, dan 

(4) keterampilan. 

Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran

intrakurikuler, 

kokurikuler, dan/atau 

ekstrakurikuler.


KOMPETENSI INTI 1 (SPIRITUAL)

Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama 

yang dianutnya”.  


KOMPETENSI INTI 2 (SOSIAL)

Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) 

    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya; terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 


KOMPETENSI DASAR 

1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan 

pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik. 

2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap 

kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.

3 Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, 

politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masapenjajahan

sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.


KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang); sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR

1 Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi 

antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh 

faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) 

dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.

2 Menyajikan hasil analisis tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang 

yang berbeda terhadap kehidupan sosial danbudayasertapengembangan kehidupan kebangsaan.

3 Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan dan kesinambunganruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.


2 TUJUAN

Sumber : 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 103 tahun 2013 tentang Pembelajaran Pada PendidikanDasar dan Menengah, prinsip pembelajaran adalah sebagai berikut :

a. Peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu.

b. Peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar.

c. Proses pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah.

d. Pembelajaran berbasis kompetensi.

e. Pembelajaran terpadu.

f. Pembelajaran yang menekankan pada jawaban divergen yang memiliki

kebenaran multi dimensi.

g. Pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif.

h. Peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard

skills dan soft-skills.

i. Pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan

peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat.

j. Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan

(ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun

karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses

pembelajaran (tut wuri handayani).

k. Pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat.

l. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan

efisiensi dan efektivitas pembelajaran.

m. Pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya peserta

didik.

n. Suasana belajar menyenangkan dan menantang. 


3 MATERI KELAS VIII IPS

BAB I    INTERAKSI KERUANGAN DALAM KEHIDUPAN DI NEGARA NEGARA ASEAN

BAB II    PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

BAB III   KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTAR RUANG DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI, SOSIAL, BUDAYA DI INDONESIA

BAB IV   KEUNGGULAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN DAN TUMBUHNYA SEMANGAT KEBANGSAAN


4. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

SEMESTER GANJIL

http://ditsmp.kemdikbud.go.id/modul-pembelajaran-jarak-jauh-semester-gasal/


SEMESTER GENAP

http://ditsmp.kemdikbud.go.id/modul-pembelajaran-jarak-jauh-semester-genap/







5. BANK SOAL

bank soal.belajar.kemdikbud.go.id


6. PENGAYAAN

https://www.youtube.com/channel/UCBO4b9H2SZGZru9MzsT426A


Pembelajaran jarak Jauh


Comments

Popular posts from this blog

Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum

OBROLAN MALAM JUM’AT (OM MAMAT)

VISI : MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

Konsep Pengambilan dan Pengujian Keputusan

Posisi Kontrol

Visi Guru Penggerak

model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif

KBM IPS KELAS VII SMP

Anda ingin mampu merancang dan melakukan pembelajaran jarak jauh?