Lima Posisi Kontrol menerapkan disiplin restitusi di posisi Monitor dan Manajer agar dapat menciptakan lingkungan yang positif, aman, dan nyaman. PERILAKU KONTROL NEGATIF PERILAKU KONTROL POSITIF KONTROL DIRI PENGHUKUM, PEMBUATORANG MERASABERSALAH, TEMAN , PEMANTAU DAN MANAJER Penanganan hana dan Anto pertama menegur secara jalur pribadi. kemudian memanggil orang tua hana dan anto juga hana dan anto ke sekolah berkonsultasi dengan BK dan wali kelas dan apabila perlu penanganan khusus dengan unsur manajemen sekolah akan sikap dan perilaku yang kurang sesuai model disiplin yang berpusat pada murid, yang dikembangkan oleh Diane Gossen dengan pendekatan Restitusi, yang disebut dengan 5 Posisi Kontrol. Lima Posisi Kontrol: Diane Gossen dalam bukunya Restitution-Restructuring School Discipline (1998) mengemukakan bahwa guru perlu meninjau kembali penerapan disiplin di dalam ruang-ruang kelas kita selama ini. Apakah telah efektif, apakah berpusat memerdekakan dan memandirikan muri
koneksi antar materi-budaya positif Thursday, 16 December 2021, 11:36 PM by RAMDAN SANI PELAJAR PANCASILA https://sg.docworkspace.com/d/sIOyVkIFRl8COjgY menciptakan budaya positif di sekolah dengan menerapkan konsep-konsep inti seperti disiplin positif, motivasi perilaku manusia, posisi kontrol restitusi, keyakinan kelas, restitusi, segitiga restitusi dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya yaitu Filosofi Pendidikan Nasional KHD, Nilai dan Peran Guru Penggerak, dan Visi Guru Penggerak. membuat koneksi antar materi budaya positif, Filosofis KHD, Nilai dan peran serta visi GP https://gurursani.blogspot.com/2021/12/budaya-positif_10.html menyusun langkah dan strategi yang lebih efektif, konkret, dan realistis untuk mewujudkan budaya positif di sekolah dengan mengisi Tabel Rancangan Tindakan Aksi Nyata Aksi nyata https://gurursani.blogspot.com/2021/11/tergerak-bergerak-dan-menggerakan.html RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA JUDUL MODUL : 1.4.a.9 koneksi antar materi- budaya posit
NU KURING, KU KURING, MAJU Forum Berbagi Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid by Ramdan Sani, PGP ANGKATAN KE-4, KOTA BANDUNG https://www.kompasiana.com/gurursani17227/62a79283f5f3294078284833/student-adency-profil-pelajar-pancasila-merdeka-belajar-dengan-pb-dan-pse-dalam-bp-sekolah Peristiwa (Fact) MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAN PENDIDIKAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM BUDAYA POSITIF SEKOLAH 1. KEPEMIMPINAN SISWA ( MENUMBUHKAN SUARA, PILIHAN DAN KEPEMILIKAN SISWA)ketika mereka mampu mengarahkan pembelajaran mereka sendiri, membuat pilihan-pilihan, menyuarakan opini, mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan rasa ingin tahu, berpartisipasi dan berkontribusi pada komunitas belajar, mengkomunikasikan pemahaman mereka kepada orang lain, dan melakukan tindakan nyata sebagai hasil proses belajar 2. PROFIL PELAJAR PANCASILA( MEWUJUDKAN ENAM PROFIL PELAJAR PANCASILA)beriman, bertakwa, dan berakhl
https://www.kompasiana.com/gurursani17227/62a79283f5f3294078284833/student-adency-profil-pelajar-pancasila-merdeka-belajar-dengan-pb-dan-pse-dalam-bp-sekolah Peristiwa (Fact) MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAN PENDIDIKAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM BUDAYA POSITIF SEKOLAH 1. KEPEMIMPINAN SISWA ( MENUMBUHKAN SUARA, PILIHAN DAN KEPEMILIKAN SISWA) 2. PROFIL PELAJAR PANCASILA( MEWUJUDKAN ENAM PROFIL PELAJAR PANCASILA) 3. MERDEKA BELAJAR ( KODRAT ALAMI DAN KODRAT ZAMAN SISWA) 4. PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI (KEBUTUHAN, MOTIFASI, PROFIL, KESEPAKATAN KELAS, TIRTA, CHOACHING) 5. PENDIDIKAN SOSIAL EMOSIONAL ( PENGENDALIAN DIRI, PENGELOLAN DIRI) 6. BUDAYA POSITIF ( KEPEMIMPINAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA SEKOLAH) : • latar belakang tentang situasi yang dihadapi KEBAHAGIAAN DAN KESELAMATAN SISWA FILOSOFIS PENDIDIKAN NASIONAL MERDEKA BELAJAR, KURIKULUM MERDEKA, GURU PENGGERAK, SEKOLAH PENGGERAK PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN
sekilas info dan Pengimbasan ………………………………………………………………………………………. sumber: Program Guru Belajar Kemendikbud Apakah anda ingin mampu memahami konsep dan bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional dan dapat menganalisis contoh asesmen literasi membaca dan numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum? Bimtek. Pada tahap ini peserta terlebih dahulu mengikuti Orientasi yang membekali peserta mengenai latar belakang, tujuan umum, kebijakan dan alur program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum. Pada tahap Bimtek, peserta akan mengikuti pembelajaran mengenai konsep Asesmen Nasional, konsep Asesmen Kompetensi Minimum, butir soal literasi membaca dan numerasi, serta membaca dan menindaklanjuti hasil Asesmen Kompetensi Minimum dalam kurun waktu selama 5 (lima) hari. Pengimbasan. Peserta diharapkan dapat menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mengajak dan mendampingi guru lain di satuan pendidikan peserta untuk mengikuti Program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Min
a. Sintesis berbagai materi Pada sesi pembelajaran kali ini, Anda diberikan tantangan untuk membuat kesimpulan dan juga koneksi antara semua materi yang telah diberikan dalam modul ini dengan materi lainnya selama mengikut proses Pelatihan Guru Penggerak. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya https://gurursani.blogspot.com/2022/05/pemimpin-pengelolaan-sumber-daya.html Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah. dengan sarana Pengelolaan Sumber Daya yang ada membangun budaya positif dengan PD dan KSE dalam komunitas mewujudkan pelajar pancasila merdeka belajar Jelaskan dan berikan contoh bagaimana hubungannya pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas. pengelolaan sumberdaya dalam pembelajaran di luar kelas lebih baik lagi
Mulai dari Diri aset dan kekuatan dalam pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien. Merancang pemetaan potensi yang dimiliki sekolahnya menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset-Based Community Development). Merancang program kecil menggunakan hasil pemetaan kekuatan atau aset yang sudah dilakukan. Menunjukkan sikap aktif, terbuka, kritis dan kreatif dalam upaya pengelolaan sumber daya. Peran dan fungsi pemimpin dalam pengelolaan sumber daya Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset dalam mengelola sumber daya yang ada di sekolah dan sekitarnya. Question #1 1 Response is required Ingatlah kembali sosok pemimpin yang pernah Anda tahu selama berprofesi sebagai guru, seperti apakah sosok pemimpin yang Anda ingat itu? Hal apa yang paling Anda ingat dari sosok pemimpin tersebut? pemimpin yang kebapakan, mengemong anak buah sebagai keluarga besar dalam mensukseskan tujuan bersama Question #2 2 Response is required Setelah mengingat sosok pemimpin yang
Comments
Post a Comment
KRITIK DAN SARAN PENGEMBANGAN SITUS...