Konsep Pengambilan dan Pengujian Keputusan

 

Konsep Pengambilan dan Pengujian Keputusan



Question #1

1

Response is required
Response is required

https://drive.google.com/file/d/1fYLSBPSeAvcoRbFzeD07MjywFWoEfy_m/view?usp=sharing

Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy) 

Melakukan, demi kebaikan orang banyak

NILAI YANG BERTENTANGAN

1. peraturan sekolah dengan kondisi PTMT siswa diwajibkan masuk sekolah

2. siswa tidak masuk sekolah karena siswa bekerja mencari nafkah bagi keluarga

Question #2

2

Response is required
Response is required

yang terlibat dalam situasi tersebut

1. siswa

2. ibu dari siswa 

3 wali kelas

3. Guru BK

Question #3

3

Response is required
Response is required

 fakta-fakta yang relevan dengan situasi 

1. ketika PJJ tugas siswa masuk semua dengan baik

2. ketika PTMT siswa tidak masuk sekolah

3. guru guru mapel mengeluh tidak masuk tugas dari siswa

4. pemanggilan siswa oleh wali kelas dan konsultasi dan bimbingan

5. pemanggilan orang tua karena siswa setelah bimbingan dan konseling tidak masuk

6. ditemukan fakta siswa bekerja dan akhirnya di konfirmasi olh ibunya yang selama ini masih menutupi

7.siswa masih tidak masuk sekolah

Question #4

4

Response is required
Response is required

 kita lakukan pengujian benar atau salah terhadap situasi tersebut.

  1. Apakah ada aspek pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (Uji legal)

    1. peraturan sekolah dengan kondisi PTMT siswa diwajibkan masuk sekolah

    2. siswa tidak masuk sekolah karena siswa bekerja mencari nafkah bagi keluarga dalam kasus ini pelanggaran peraturan sekolah dalam kehadiran yang akan berefek kepada putus sekolah kondisi ini seharusnya tidak terjadi

  2. Apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut? (Uji regulasi) apabila pemutusan sekolah terjadi bisa menjadi permasalahan baru dengan wajib belajar 9 tahun
  3. Berdasarkan perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang salah dalam situasi ini? (Uji intuisi)siswa dibawah umur  seharusnya lebih memprioritaskan belajar belum waktunya untuk  bekerja tapi dengan desakan ekonomi dituntut untuk bekerja
  4. Apa yang anda rasakan bila keputusan Anda dipublikasikan di halaman depan koran? Apakah anda merasa nyaman? tidak nyaman apabila putus sekolah siswa sampai muncul di koran dengan adanya wajib belajar 9 tahun 
  5. Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini?mengupayakan agar siswa didukung orang tuanya agar siswa bisa masuk mengikuti pembelajaran, sehingga konsekwensi karena tidak masuk sekolah muncul karena kesadaran dari tindakan yang tidak masuk sekolah bisa tidak naik kelas atau alternatif mutasi sekolah

Question #5

5

Response is required
Response is required

Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy) 

1. peraturan sekolah dengan kondisi PTMT siswa diwajibkan masuk sekolah

2. siswa tidak masuk sekolah karena siswa bekerja mencari nafkah bagi keluarga


Question #6

6

Response is required
Response is required

  • Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking)
  • meningkatkan  kesadaran akan kebutuhan belajar, menimbulkan motivasi semoga terbentuk profil siswa yang semangat belajar dengan berbasis rasa peduli

Question #7

7

Response is required
Response is required

siswa diupayakan masuk sekolah di jam pelajaran dan sepulang sekolah mau bekerja atau berhenti diserahkan kepada orang tuanya(IBUNYA)

Question #8

8

Response is required
Response is required

memberikan waktu agar masuk sekolah agar tidak melanggar aturan sekolah dalam kehadiran dan membuat surat perjanjian diatas meterai dengan poin apabila tidak masuk dianggap mengundurkan diri

Question #9

9

Response is required
Response is required

Coba lihat lagi keputusan Anda dan refleksikan.

memberikan waktu kepada siswa yang memiliki permasalahan kehadiran agar masuk sekolah sehingga  tidak melanggar aturan sekolah dalam kehadiran dan membuat surat perjanjian diatas meterai dengan orang tua siswa igaris bawahi poin apabila tidak masuk dianggap mengundurkan diri

Comments

Popular posts from this blog

Posisi Kontrol

PELAJAR PANCASILA

VISI : MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

PENGGUNAAN MODUL1 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 2 KELAS VIII

3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum

3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

pemimpin pengelolaan sumber daya