Posts

Perubahan Paradigma

Image
  2.1 Perubahan Paradigma Stephen R. Covey (Principle-Centered Leadership, 1991) mengatakan bahwa, “..bila kita ingin membuat kemajuan perlahan, sedikit-sedikit, ubahlah sikap atau perilaku Anda. Namun bila kita ingin memperbaiki cara-cara utama kita, maka kita perlu mengubah kerangka acuan kita. Ubahlah bagaimana Anda melihat dunia, bagaimana Anda berpikir tentang manusia, ubahlah paradigma Anda, skema pemahaman dan penjelasan aspek-aspek tertentu tentang realitas”. membuka kepalan tangan perlu mempertimbangkan kodrat alami dan kodrat jaman dengan tidak melupakan TRIKON. membuka kepalan tangan ibarat perubahan paradigma mengubah kerangka acuan kita bertahap menuju membuat kemajuan perlahan Tugas 2.1 kodrat alami disesuaikan dengan kodrat jaman, prinsif keterbukaan persiapan dan persediaan dalam mencapai kebahagiaan dan keselamatan dengan merdeka belajar mewujudkan pelajar pancasil Eksplorasi Mandiri: Untuk membangun budaya yang positif, sekolah perlu menyediakan lingkungan yang positi

Konsep Disiplin Positif dan Motivasi

Image
  2.2: Konsep Disiplin Positif dan Motivasi tujuan kita adalah menciptakan anak-anak yang memiliki disiplin diri sehingga mereka bisa berperilaku dengan mengacu pada nilai-nilai kebajikan universal dan memiliki motivasi intrinsik, bukan ekstrinsik. semua guru semua murid bisa saling belajar, yang saling merasa terikat dan terhubungkan satu sama lain; karena mengambil tanggung jawab untuk pembelajarannya, senantiasa selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Itulah tujuan dari disiplin diri. Diane Gossen dalam bukunya Restructuring School Discipline, menyatakan ada 3 alasan motivasi perilaku manusia: 1. Untuk menghindari ketidaknyamanan atau hukuman 2. Untuk mendapatkan imbalan atau penghargaan dari orang lain. 3. Untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya Tugas 2.2 (1) guru pembelajar menjadikan pengalaman menanamkan pembelajaran sepanjang hayat pada diri sehingga bisa mengimbas pada siswa dengan tergerak b

Keyakinan Kelas

Image
  2.3: Keyakinan Kelas pentingnya memiliki keyakinan kelas sebagai fondasi dan arah tujuan sebuah sekolah/kelas, yang akan menjadi landasan dalam memecahkan konflik atau permasalahan di dalam sebuah sekolah/kelas. Menurut Anda apa yang terjadi pada cerita Ibu Anas dengan murid kelas 2? sangsi dan reward perlu kesepakatan kelas bersama semua warga sekolah Berdasarkan teori motivasi yang telah Anda pelajari pada pembelajaran 2.2, kira-kira apa motivasi murid-murid kelas 2 untuk bersedia berdiri antri sebelum masuk kelas? kesepakatan dan kesadaran dengan reward dan sangsi Adakah cara lain agar murid kelas 2 bersedia antre di depan kelas tanpa diberi penghargaan stiker bintang? kesadaran dan kesepakatan kelas Tugas 2.3 fie Kohn (Punished by Rewards, 1993, Wawancara ASCD Annual Conference, Maret 1995) mengemukakan baik penghargaan maupun hukuman, adalah cara-cara mengontrol perilaku seseorang yang menghancurkan potensi untuk pembelajaran yang sesungguhnya. Menurut Kohn, secara ideal tindaka

Pemenuhan Kebutuhan Dasar

Image
Pemenuhan Kebutuhan Dasar kebutuhan dasar kita, yaitu kebutuhan untuk bertahan hidup (survival), cinta dan kasih sayang (love and belonging), kebebasan (freedom), kesenangan (fun), dan kekuasaan (power).kebutuhan dasar dapat dipenuhi dengan cara positif atau negatif peran guru adalah memberdayakan anak agar dapat memenuhi kebutuhannya secara positif kebutuhan dasar setiap murid akan berbedabeda dan agar menjadi individu yang selamat dan bahagia, kebutuhan dasar harus terpenuhi secara positif. Tugas 2.4 (Tugas Mandiri 4) orang-orang yang paling penting dalam hidup? guru, ayah, ibu keluarga dan sahabat yang selalu ada selalu bahagia apabila melihat kebahagiaan Nilai-nilai kebajikan apa yang terpenting dalam hidup? dimanapun saya berada bisa memberikan kebahagia dan berbahagia melihat orang lain berbahagia Kalau menjadi orang yang ideal, karakter atau sifat apa yang paling diinginkan ada pada diri? bermanfaat bagi hidup dan kehidupan Apa pencapaian yang sangat banggakan? memberikan manfaa