KELAS


KELAS VII

KELAS VII


Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial


Bandung, Guru R. Sani, 2021


IPS

Tahun ajaran baru dimulai bulan juli sampai dengan bulan juli kembali menggenapi satu tahun, dalam prosesnya terbagi menjadi 2 Semester, dimana semester satu dimulai bulan juli sampai awal januari akan melewati perkiraan PTS semester 1 di bulan  september dan PAS di bulan desember. Semester dua mulai bulan januari sampai juli melewati perkiraan PTS di bulan maret dan PAS di bulan juli.

Setiap akhir tahun akan diikuti oleh kegiatan besar diantaranya:

Masuknya siswa baru kelas VII

Naik kelasnya kelas VII ke kelas VIII dan kelas VIII ke kelas IX

Lulusnya kelas IX meneruskan ke jenjang pendidikan menengah.

     Selamat kepada siswa baru yang telah berhasil masuk ke kelas VII, selamat kepada siswa-siswi kelas VII dan VIII yang berhasil naik kelas, selamat kepada siswa-siswi kelas sembilan yang telah masuk ke pendidikan menengah, semoga awal tahun pelajaran menjadi semangat baru dalam meraih prestasi.

     Kegiatan Belajar Dan Mengajar semakin berkembang pesat dengan masuknya era digital, sehingga pembelajaran konvensional mau tidak mau harus mengikuti perkembangan globalisasi, kemajuan jaman secara sosial merupakan peningkatan kebudayaan manusia yang berusaha ke arah kebaikan.

     Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus di ikuti di pindidikan dasar, sebagai dasar pengetahuan humaniora kedepan yang semakin komplek. IPS hasil dari penggabungan 4 mata pelajaran diantaranya, Geografi, Sosiologi, Ekonomi dan Sejarah.

     Geograpi mempelajari dasar-dasar keruangan tempat manusia hidup, Sosiologi mempelajari dasar-dasar bagaimana manusia berinteraksi dalam kelompoknya, Ekonomi mempelajari dasar-dasar bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya dan Sejarah mempelajari dasar-dasar masa lalu kehidupan manusia yang benar benar terjadi dipadukan dalam Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu.

     Mari kita awali pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Penggunaan Teknologi Terapan baik dengan penggunaan smartphone maupun komputer...


 I. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

Sumber: kemendikbud

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu 
(1) kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan 
(4) keterampilan. 

Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, 
kokurikuler, dan/atau 
ekstrakurikuler.

KOMPETENSI INTI 1 (SPIRITUAL)
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama 
yang dianutnya”.  


KOMPETENSI INTI 2 (SOSIAL)
Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) 
     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KOMPETENSI DASAR 
1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya,dan pendidikan.
2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap 
3 Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga 
menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia. 
4 Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan 
bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan 
pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Budha dan Islam. 



KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR
1 Menjelaskan konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
2 Menyajikan hasil analisis tentang pengaruh interaksi sosial dalam
ruang kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan 
kebangsaanyang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
3 Menjelaskan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia
4 Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu- Budha dan Islam.


2 TUJUAN

Sumber : 
Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 103 tahun 2013 tentang Pembelajaran Pada PendidikanDasar dan Menengah, prinsip pembelajaran adalah sebagai berikut :
a. Peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu.
b. Peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar.
c. Proses pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah.
d. Pembelajaran berbasis kompetensi.
e. Pembelajaran terpadu.
f. Pembelajaran yang menekankan pada jawaban divergen yang memiliki
kebenaran multi dimensi.
g. Pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif.
h. Peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard
skills dan soft-skills.
i. Pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan
peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat.
j. Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan
(ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun
karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses
pembelajaran (tut wuri handayani).
k. Pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat.
l. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan
efisiensi dan efektivitas pembelajaran.
m. Pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya peserta
didik.
n. Suasana belajar menyenangkan dan menantang. 





3 MATERI KELAS VII IPS


BAB I      MANUSIA, TEMPAT DAN LINGKUNGAN

BAB II     INTERAKSI SOSIAL DAN LEMBAGA SOSIAL

BAB III   AKTIFITAS MANUSIA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN

BAB IV   KEHIDUPAN MANUSIA PADA MASA PRA AKSARA





4. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

SEMESTER GANJIL

SEMESTER GENAP






5. BANK SOAL





6. PENGAYAAN



pembelajaran jarak jauh


KELAS VIII

KELAS VIII


Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Bandung, Guru R. Sani, 2021


IPS

Tahun ajaran baru dimulai bulan juli sampai dengan bulan juli kembali menggenapi satu tahun, dalam prosesnya terbagi menjadi 2 Semester, dimana semester satu dimulai bulan juli sampai awal januari akan melewati perkiraan PTS semester 1 di bulan  september dan PAS di bulan desember. Semester dua mulai bulan januari sampai juli melewati perkiraan PTS di bulan maret dan PAS di bulan juli.

Setiap akhir tahun akan diikuti oleh kegiatan besar diantaranya:

Masuknya siswa baru kelas VII

Naik kelasnya kelas VII ke kelas VIII dan kelas VIII ke kelas IX

Lulusnya kelas IX meneruskan ke jenjang pendidikan menengah.

     Selamat kepada siswa baru yang telah berhasil masuk ke kelas VII, selamat kepada siswa-siswi kelas VII dan VIII yang berhasil naik kelas, selamat kepada siswa-siswi kelas sembilan yang telah masuk ke pendidikan menengah, semoga awal tahun pelajaran menjadi semangat baru dalam meraih prestasi.

     Kegiatan Belajar Dan Mengajar semakin berkembang pesat dengan masuknya era digital, sehingga pembelajaran konvensional mau tidak mau harus mengikuti perkembangan globalisasi, kemajuan jaman secara sosial merupakan peningkatan kebudayaan manusia yang berusaha ke arah kebaikan.

     Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus di ikuti di pindidikan dasar, sebagai dasar pengetahuan humaniora kedepan yang semakin komplek. IPS hasil dari penggabungan 4 mata pelajaran diantaranya, Geografi, Sosiologi, Ekonomi dan Sejarah.

     Geograpi mempelajari dasar-dasar keruangan tempat manusia hidup, Sosiologi mempelajari dasar-dasar bagaimana manusia berinteraksi dalam kelompoknya, Ekonomi mempelajari dasar-dasar bagaimana manusia memenuhi kebutuhannya dan Sejarah mempelajari dasar-dasar masa lalu kehidupan manusia yang benar benar terjadi dipadukan dalam Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu.

     Mari kita awali pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Penggunaan Teknologi Terapan baik dengan penggunaan smartphone maupun komputer...


 I. KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

Sumber: kemendikbud

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu 
(1) kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan 
(4) keterampilan. 

Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, 
kokurikuler, dan/atau 
ekstrakurikuler.

KOMPETENSI INTI 1 (SPIRITUAL)
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama 
yang dianutnya”.  


KOMPETENSI INTI 2 (SOSIAL)
Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) 
    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya; terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 

KOMPETENSI DASAR 
1 Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan 
pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik. 
2 Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap 
kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
3 Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, 
politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masapenjajahan
sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.


KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang); sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI DASAR
1 Menyajikan hasil telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi 
antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh 
faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) 
dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik.
2 Menyajikan hasil analisis tentang pengaruh interaksi sosial dalam ruang 
yang berbeda terhadap kehidupan sosial danbudayasertapengembangan kehidupan kebangsaan.
3 Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan dan kesinambunganruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan.



2 TUJUAN

Sumber : 
Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 103 tahun 2013 tentang Pembelajaran Pada PendidikanDasar dan Menengah, prinsip pembelajaran adalah sebagai berikut :
a. Peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu.
b. Peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar.
c. Proses pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah.
d. Pembelajaran berbasis kompetensi.
e. Pembelajaran terpadu.
f. Pembelajaran yang menekankan pada jawaban divergen yang memiliki
kebenaran multi dimensi.
g. Pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif.
h. Peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard
skills dan soft-skills.
i. Pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan
peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat.
j. Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan
(ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun
karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses
pembelajaran (tut wuri handayani).
k. Pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat.
l. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan
efisiensi dan efektivitas pembelajaran.
m. Pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya peserta
didik.
n. Suasana belajar menyenangkan dan menantang. 




3 MATERI KELAS VIII IPS


BAB I    INTERAKSI KERUANGAN DALAM KEHIDUPAN DI NEGARA NEGARA ASEAN

BAB II    PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

BAB III   KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTAR RUANG DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI, SOSIAL, BUDAYA DI INDONESIA

BAB IV   KEUNGGULAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN DAN TUMBUHNYA SEMANGAT KEBANGSAAN








Comments

Popular posts from this blog

Posisi Kontrol

PELAJAR PANCASILA

VISI : MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

PENGGUNAAN MODUL1 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 2 KELAS VIII

3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum

pemimpin pengelolaan sumber daya