Posts

Pembelajaran Berdiferensiasi

Image
 Pembelajaran Berdiferensiasi  1. Pembelajaran Berdiferensiasi adalah bersifat proaktif. Dalam kelas, guru akan selalu berasumsi bahwa murid yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda dan secara proaktif merencanakan pembelajaran yang menyediakan berbagai cara untuk mengekspresikan dan mencapai tujuan pembelajaran.  2. Pembelajaran Berdiferensiasi lebih bersifat kualitatif daripada kuantitatif.  Menyesuaikan jumlah tugas biasanya akan kurang efektif daripada mengubah sifat tugas. 3. Pembelajaran Berdiferensiasi berakar pada penilaian. Di dalam pembelajaran berdiferensiasi, penilaian tidak lagi didominasi sesuatu yang terjadi pada akhir unit untuk menentukan "siapa yang mendapatkannya." penilaian diagnostik secara rutin akan dilakukan saat unit dimulai. Di sepanjang unit pembelajaran, guru menilai tingkat kesiapan, minat, dan pendekatan belajar yang digunakan murid dan kemudian merancang pengalaman belajar berdasarkan pemahaman terbaru dan terbaik tentang kebutuhan ...

Program Pengimbasan Pembelajaran Berdiferensiasi

Image
  Pengantar Kutipan hari ini: “Serupa seperti para pengukir yang memiliki pengetahuan mendalam tentang keadaan kayu, jenis-jenisnya, keindahan ukiran, dan cara-cara mengukirnya. Seperti itulah seorang guru seharusnya memiliki pengetahuan mendalam tentang seni mendidik, Bedanya, Guru mengukir manusia yang memiliki hidup lahir dan batin.”  (Ki Hajar Dewantara) mengelola kelas  untuk memenuhi kebutuhan murid secara individu  latar belakang murid , pembelajaran sebelumnya, dan perkembangan keterampilan mereka minat murid (di sekolah dan di luar), motivator, dan tujuan mereka profil belajar murid Apa gaya belajar yang disukai   informasi tentang minat, kesiapan dan profil belajar murid   membantu merancang dan melaksanakan pembelajaran secara efektif Pengantar memenuhi kebutuhan murid menggunakan informasi tentang minat, kesiapan dan profil belajar murid  untuk membantu merancang dan melaksanakan pembelajaran secara efektif Pengertian Pembelajaran...