Demonstrasi Konstektual - Pembelajaran Sosial dan Emosional

 

  1.  RPP mata pelajaran 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)-1

 

Sekolah                 : SMP Negeri 16 Bandung 

Mata Pelajaran      : IPS

Kelas/Semester :  VII (tujuh)/Genap

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (Pertemuan ke-1)



Sub Materi Pokok : Kelangkaan sebagai Sumber Permasalahan Ekonomi

TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui kegiatan pembelajaran yang menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan  Metode Diskusi, diharapkan peserta didik mampu menjelaskan dan menganalisis kelangkaan sumber daya alam yang terjadi dalam masyarakat sebagai sumber permasalahan ekonomi manusia dengan tepat, dan mampu mempresentasikan hasil diskusinya dengan baik.

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan/

Sintaks

Deskripsi Kegiatan

PPK

Waktu

Pendahuluan

1. Mengucapkan salam, mengecek kabar san  kebersihan kelas, berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi.

2. Memberi motivasi dengan bertanya terkait kelangkaan sumber daya.

Misalnya: “Apa yang terjadi apabila sumber daya yang tersedia terbatas?

3. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang ingin dicapai

Religius

Nasionalis

Peduli lingkungan

5’

Kegiatan Inti 

Tahap – 1
Orientasi peserta didik pada masalah

 

 

 

 

4Cs

 

HOTS

Creativity Thinking and innovation

a) Guru menayangkan gambar tentang kelangkaan sumber daya alam (yang berupa cabai) terkait harga cabai yang semakin melonjak

 

 

 

b) Peserta didik membuat pertanyaan tentang gambar tersebut. Misalnya:

· Bagaimana perbandingan kehidupan ekonomi masyarakat kota dan masyarakat desa? 

· Apakah semua kebutuhan masyarakat kota dapat terpenuhi tanpa dukungan dari masyarakat desa atau sebaliknya?

· Apakah semua alat pemenuhan kebutuhan berupa barang dan jasa tersedia di kota dan desa? Bila tidak tersedia alat pemenuhan kebutuhan secara lengkap, bagaimana masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya tersebut?

Rasa ingin tahu

 

Berpikir kreatif

 

10’

Tahap – 2
Mengorganisasi peserta didik

Collaboration

a) Peserta didik dibagi menjadi 8 kelompok (1 kel beranggotakan 3 -  4 orang)

b) Peserta didik berbagi peran/tugas untuk menyelesaikan masalah: 


Kerjasama


5’


Tahap – 3
Membimbing penyelidikan

ICE BREAKING

Critical Thinking and Problem Solving

a) Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah

b) Peserta didik mencari informasi secara berkelompok terkait butir-butir soal

tembak sebut nama

Berpikir kritis

20’

Tahap – 4
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya

Collaboration

a) Guru membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan laporan yang sesuai serta membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya.

b) Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah, misalnya hasil wawancara, mengamati, membrowsing atau literature.

Berpikir kreatif

20’

Tahap – 5
Menganalisis & mengevaluasi proses

pemecahan

masalah.

Communication

a) Guru meminta peserta didik bersama kelompoknya melakukan presentasi di depan kelas untuk menyajikan hasil laporan yang telah mereka buat secara bergiliran.

b) Membimbing peserta didik membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran

Komuni-

katif

10’

Penutup


1. Melakukan refleksi atau umpan balik.




2. Memberikan tugas membuat makalah tentang kelangkaan sumber daya alam

3. Menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

4. Peserta didik berdo’a dan mengucapkan salam penutup kepada gurunya.

 



Mandiri


Kreatif

Religius

10’

 

PENILAIAN

Penilaian Sikap: Observasi/Jurnal;  Penilaian Pengetahuan:  Tes Tulis, Penugasan;  

Penilaian Keterampilan: (1) Unjuk Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi; (2) Makalah kelangkaan Sumber Daya Alam

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

Bandung, Juli 2020

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Hj. Yooke Kusdariyati, S.Pd., M.Ds.

NIP. 19631118 198403 2 004

Ramdan sani, S.Pd.,M.M

NIP. 19760828 201408 1 001

 

 

 

 

 2. Tentukan kompetensi sosial - emosional  (KSE) berbasis kesadaran penuh yang akan Anda integrasikan  dalam RPP tersebut

KSE yang dikembangkan

5 kompetensi sosial - emosional 

-kesadaran diri, 
-pengelolaan diri, 
-kesadaran sosial,
-keterampilan berhubungan sosial dan
-pengambilan keputusan yang bertanggung jawab) 

yang berbasis kesadaran penuh


3. Tentukan teknik atau bentuk kegiatan mengembangkan kompetensi sosial-emosional  dan sesuai dengan tujuan pembelajaran mata pelajaran. 



    Tuliskan : Kompetensi Sosial dan Emosional, apa yang akan dilakukan oleh guru, apa yang dikatakan guru, dan lampirkan  lembar refleksi diri,  lembar observasi, atau daftar periksa dalam RPP tersebut.


    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)-1

     

    Sekolah                 : SMP Negeri 16 Bandung 

    Mata Pelajaran      : IPS

    Kelas/Semester :  VII (tujuh)/Genap

    Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (Pertemuan ke-1)



    Sub Materi Pokok : Kelangkaan sebagai Sumber Permasalahan Ekonomi

    TUJUAN PEMBELAJARAN

    Melalui kegiatan pembelajaran yang menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan  Metode Diskusi, diharapkan peserta didik mampu menjelaskan dan menganalisis kelangkaan sumber daya alam yang terjadi dalam masyarakat sebagai sumber permasalahan ekonomi manusia dengan tepat, dan mampu mempresentasikan hasil diskusinya dengan baik.

     

    KEGIATAN PEMBELAJARAN

    Kegiatan/

    Sintaks

    Deskripsi Kegiatan

    PPK/ KSE

    Waktu

    Pendahuluan

    1. Mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas, berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi.

    2. Memberi motivasi dengan bertanya terkait kelangkaan sumber daya.

    Misalnya: “Apa yang terjadi apabila sumber daya yang tersedia terbatas?

    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang ingin dicapai

    Religius

    Nasionalis

    Peduli lingkungan

    5’

    Kegiatan Inti 

    Tahap – 1
    Orientasi peserta didik pada masalah

     

     

     

     

    4Cs

     

    HOTS

    Creativity Thinking and innovation

    a) Guru menayangkan gambar tentang kelangkaan sumber daya alam (yang berupa cabai) terkait harga cabai yang semakin melonjak

     

     

     

    b) Peserta didik membuat pertanyaan tentang gambar tersebut. Misalnya:

    · Bagaimana perbandingan kehidupan ekonomi masyarakat kota dan masyarakat desa? 

    · Apakah semua kebutuhan masyarakat kota dapat terpenuhi tanpa dukungan dari masyarakat desa atau sebaliknya?

    · Apakah semua alat pemenuhan kebutuhan berupa barang dan jasa tersedia di kota dan desa? Bila tidak tersedia alat pemenuhan kebutuhan secara lengkap, bagaimana masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya tersebut?

    Rasa ingin tahu

     

    Berpikir kreatif

     

    10’

    Tahap – 2
    Mengorganisasi peserta didik

    Collaboration

    a) Peserta didik dibagi menjadi 8 kelompok (1 kel beranggotakan 3 -  4 orang)

    b) Peserta didik berbagi peran/tugas untuk menyelesaikan masalah: 

    keterampilan berhubungan sosial

    Kerjasama


    5’


    Tahap – 3
    Membimbing penyelidikan

    ICE BREAKING

    Critical Thinking and Problem Solving

    a) Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah

    b) Peserta didik mencari informasi secara berkelompok terkait butir-butir soal

    tembak sebut nama

    Berpikir kritis

    20’

    Tahap – 4
    Mengembangkan dan
    menyajikan hasil karya

    Collaboration

    a) Guru membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan laporan yang sesuai serta membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya.

    b) Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah, misalnya hasil wawancara, mengamati, membrowsing atau literature.

    Berpikir kreatif

    20’

    Tahap – 5
    Menganalisis & mengevaluasi proses

    pemecahan

    masalah.



    Communication

    a) Guru meminta peserta didik bersama kelompoknya melakukan presentasi di depan kelas untuk menyajikan hasil laporan yang telah mereka buat secara bergiliran.

    b) Membimbing peserta didik membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran

    -kesadaran sosial

    Komuni-

    aktif

    10’

    Penutup


    1. Melakukan refleksi atau umpan balik.









    2. Memberikan tugas membuat makalah tentang

     kelangkaan sumber daya alam



    3. Menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

    4. Peserta didik berdo’a dan mengucapkan salam penutup kepada gurunya.

    -kesadaran diri, 



    pengambilan keputusan yang bertanggung jawab

    Mandiri


    -pengelolaan diri,

    Kreatif

    Religius

    10’

     

    PENILAIAN

    Penilaian Sikap: Observasi/Jurnal;  

    Penilaian Keterampilan: (1) Unjuk Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi; (2) Makalah kelangkaan Sumber Daya Alam

    Penilaian Pengetahuan:  Tes Tulis, Penugasan; 

     

     

     

    Mengetahui

    Kepala Sekolah

    Bandung, Juli 2020

     

    Guru Mata Pelajaran

     

     

     

    Hj. Yooke Kusdariyati, S.Pd., M.Ds.

    NIP. 19631118 198403 2 004

    Ramdan sani, S.Pd.,M.M

    NIP. 19760828 201408 1 001

     

     



     

    KSE yang dikembangkan

    5 kompetensi sosial - emosional 

    -kesadaran diri, 
    -pengelolaan diri, 
    -kesadaran sosial,
    -keterampilan berhubungan sosial dan
    -pengambilan keputusan yang bertanggung jawab) 
    yang berbasis kesadaran penuh



    Cara Penerapan

    -kesadaran diri,                               (praktek / rutin)
    -pengelolaan diri,                            (  spesifik )
    -kesadaran sosial                           ( Pola pikir)
    -keterampilan berhubungan sosial ( Praktek/ Rutin)
    -pengambilan keputusan yang bertanggung jawab (kebijakan)


    Bentuk Penerapan Pembelajaran Sosial Emosional
    spesifik
    rutin
    protokol
    polapikir
    daya lenting

    Yang Dilakukan Guru
    DEAL, STOP, ICE BREAKING


    Hal penting yang harus disampaikan kepada murid

    belajar dengan bahagia
    disiplin dan kreatif
    berkomunikasi dengan bahasa yang baik
    bekerja sama
    mengumpulkan tugas sesuai waktunya



Comments

Popular posts from this blog

Posisi Kontrol

PELAJAR PANCASILA

VISI : MEMBENTUK KEPEMIMPINAN SISWA PROFIL PELAJAR PANCASILA MERDEKA BELAJAR

PENGGUNAAN MODUL1 KEMENDIKBUD DALAM PJJ 2 KELAS VIII

3.3.a.10. Aksi Nyata - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Ayo belajar bersama dalam program Guru Belajar dan Berbagi seri Asesmen Kompetensi Minimum

3.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

pemimpin pengelolaan sumber daya