Demonstrasi Konstektual - Pembelajaran Sosial dan Emosional
- RPP mata pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)-1
Sekolah : SMP Negeri 16 Bandung Mata Pelajaran : IPS | Kelas/Semester : VII (tujuh)/Genap Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (Pertemuan ke-1) |
Sub Materi Pokok : Kelangkaan sebagai Sumber Permasalahan Ekonomi |
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan pembelajaran yang menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Metode Diskusi, diharapkan peserta didik mampu menjelaskan dan menganalisis kelangkaan sumber daya alam yang terjadi dalam masyarakat sebagai sumber permasalahan ekonomi manusia dengan tepat, dan mampu mempresentasikan hasil diskusinya dengan baik.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan/ Sintaks | Deskripsi Kegiatan | PPK | Waktu | |||
Pendahuluan | 1. Mengucapkan salam, mengecek kabar san kebersihan kelas, berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi. 2. Memberi motivasi dengan bertanya terkait kelangkaan sumber daya. Misalnya: “Apa yang terjadi apabila sumber daya yang tersedia terbatas? 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang ingin dicapai | Religius Nasionalis Peduli lingkungan | 5’ | |||
Kegiatan Inti Tahap – 1
4Cs
HOTS | Creativity Thinking and innovation a) Guru menayangkan gambar tentang kelangkaan sumber daya alam (yang berupa cabai) terkait harga cabai yang semakin melonjak b) Peserta didik membuat pertanyaan tentang gambar tersebut. Misalnya: · Bagaimana perbandingan kehidupan ekonomi masyarakat kota dan masyarakat desa? · Apakah semua kebutuhan masyarakat kota dapat terpenuhi tanpa dukungan dari masyarakat desa atau sebaliknya? · Apakah semua alat pemenuhan kebutuhan berupa barang dan jasa tersedia di kota dan desa? Bila tidak tersedia alat pemenuhan kebutuhan secara lengkap, bagaimana masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya tersebut? | Rasa ingin tahu Berpikir kreatif | 10’ | |||
Tahap – 2 | Collaboration a) Peserta didik dibagi menjadi 8 kelompok (1 kel beranggotakan 3 - 4 orang) b) Peserta didik berbagi peran/tugas untuk menyelesaikan masalah: | Kerjasama | 5’ | |||
Tahap – 3 | ICE BREAKING Critical Thinking and Problem Solving a) Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah b) Peserta didik mencari informasi secara berkelompok terkait butir-butir soal | tembak sebut nama Berpikir kritis | 20’ | |||
Tahap – 4 | Collaboration a) Guru membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan laporan yang sesuai serta membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya. b) Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah, misalnya hasil wawancara, mengamati, membrowsing atau literature. | Berpikir kreatif | 20’ | |||
Tahap – 5 pemecahan masalah. | Communication a) Guru meminta peserta didik bersama kelompoknya melakukan presentasi di depan kelas untuk menyajikan hasil laporan yang telah mereka buat secara bergiliran. b) Membimbing peserta didik membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran | Komuni- katif | 10’ | |||
Penutup | 1. Melakukan refleksi atau umpan balik. 2. Memberikan tugas membuat makalah tentang kelangkaan sumber daya alam 3. Menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 4. Peserta didik berdo’a dan mengucapkan salam penutup kepada gurunya. | Mandiri Kreatif Religius | 10’ |
PENILAIAN
Penilaian Sikap: Observasi/Jurnal; Penilaian Pengetahuan: Tes Tulis, Penugasan;
Penilaian Keterampilan: (1) Unjuk Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi; (2) Makalah kelangkaan Sumber Daya Alam
Mengetahui Kepala Sekolah | Bandung, Juli 2020
Guru Mata Pelajaran
|
Hj. Yooke Kusdariyati, S.Pd., M.Ds. NIP. 19631118 198403 2 004 | Ramdan sani, S.Pd.,M.M NIP. 19760828 201408 1 001 |
KSE yang dikembangkan
5 kompetensi sosial - emosional
-kesadaran diri,
-pengelolaan diri,
-kesadaran sosial,
-keterampilan berhubungan sosial dan
-pengambilan keputusan yang bertanggung jawab)
yang berbasis kesadaran penuh
3. Tentukan teknik atau bentuk kegiatan mengembangkan kompetensi sosial-emosional dan sesuai dengan tujuan pembelajaran mata pelajaran.
- Tuliskan : Kompetensi Sosial dan Emosional, apa yang akan dilakukan oleh guru, apa yang dikatakan guru, dan lampirkan lembar refleksi diri, lembar observasi, atau daftar periksa dalam RPP tersebut.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)-1
Sekolah : SMP Negeri 16 Bandung Mata Pelajaran : IPS | Kelas/Semester : VII (tujuh)/Genap Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (Pertemuan ke-1) |
Sub Materi Pokok : Kelangkaan sebagai Sumber Permasalahan Ekonomi |
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan pembelajaran yang menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Metode Diskusi, diharapkan peserta didik mampu menjelaskan dan menganalisis kelangkaan sumber daya alam yang terjadi dalam masyarakat sebagai sumber permasalahan ekonomi manusia dengan tepat, dan mampu mempresentasikan hasil diskusinya dengan baik.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan/ Sintaks | Deskripsi Kegiatan | PPK/ KSE | Waktu | |||
Pendahuluan | 1. Mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas, berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi. 2. Memberi motivasi dengan bertanya terkait kelangkaan sumber daya. Misalnya: “Apa yang terjadi apabila sumber daya yang tersedia terbatas? 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang ingin dicapai | Religius Nasionalis Peduli lingkungan | 5’ | |||
Kegiatan Inti Tahap – 1
4Cs
HOTS | Creativity Thinking and innovation a) Guru menayangkan gambar tentang kelangkaan sumber daya alam (yang berupa cabai) terkait harga cabai yang semakin melonjak b) Peserta didik membuat pertanyaan tentang gambar tersebut. Misalnya: · Bagaimana perbandingan kehidupan ekonomi masyarakat kota dan masyarakat desa? · Apakah semua kebutuhan masyarakat kota dapat terpenuhi tanpa dukungan dari masyarakat desa atau sebaliknya? · Apakah semua alat pemenuhan kebutuhan berupa barang dan jasa tersedia di kota dan desa? Bila tidak tersedia alat pemenuhan kebutuhan secara lengkap, bagaimana masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya tersebut? | Rasa ingin tahu Berpikir kreatif | 10’ | |||
Tahap – 2 | Collaboration a) Peserta didik dibagi menjadi 8 kelompok (1 kel beranggotakan 3 - 4 orang) b) Peserta didik berbagi peran/tugas untuk menyelesaikan masalah: | keterampilan berhubungan sosialKerjasama | 5’ | |||
Tahap – 3 | ICE BREAKING Critical Thinking and Problem Solving a) Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah b) Peserta didik mencari informasi secara berkelompok terkait butir-butir soal | tembak sebut nama Berpikir kritis | 20’ | |||
Tahap – 4 | Collaboration a) Guru membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan laporan yang sesuai serta membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya. b) Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah, misalnya hasil wawancara, mengamati, membrowsing atau literature. | Berpikir kreatif | 20’ | |||
Tahap – 5 pemecahan masalah. | Communication a) Guru meminta peserta didik bersama kelompoknya melakukan presentasi di depan kelas untuk menyajikan hasil laporan yang telah mereka buat secara bergiliran. b) Membimbing peserta didik membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran | -kesadaran sosialKomuni- aktif | 10’ | |||
Penutup | 1. Melakukan refleksi atau umpan balik. 2. Memberikan tugas membuat makalah tentang kelangkaan sumber daya alam 3. Menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 4. Peserta didik berdo’a dan mengucapkan salam penutup kepada gurunya. | -kesadaran diri,pengambilan keputusan yang bertanggung jawabMandiri -pengelolaan diri,Kreatif Religius | 10’ |
PENILAIAN
Penilaian Sikap: Observasi/Jurnal;
Penilaian Keterampilan: (1) Unjuk Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi; (2) Makalah kelangkaan Sumber Daya Alam
Mengetahui Kepala Sekolah | Bandung, Juli 2020
Guru Mata Pelajaran
|
Hj. Yooke Kusdariyati, S.Pd., M.Ds. NIP. 19631118 198403 2 004 | Ramdan sani, S.Pd.,M.M NIP. 19760828 201408 1 001 |
Comments
Post a Comment
KRITIK DAN SARAN PENGEMBANGAN SITUS...